Polewali Mandar (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) mendukung upaya transisi ke pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) yang diharapkan bisa mewujudkan kemandirian sosial dan ekonomi bagi warga miskin di pedesaan.

Bantuan lampu penerangan panel surya untuk warga Desa Batetangnga, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi salah satu bentuk dukungan dari Kemensos dalam transisi EBT tersebut.

"Pada kesempatan ini total ada 10 unit lampu bertenaga surya yang Kemensos berikan. Satu khusus di pasang untuk penerangan rumah calon PKH, sembilan lainnya digunakan bagi manfaat desa," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat ditemui di Desa Batetangnga, Selasa.

Risma yang merupakan alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini berharap dengan adanya lampu EBT tersebut bisa membantu aktivitas warga Desa Batetangnga yang mayoritas berprofesi sebagai petani kakao itu.

Baca juga: KLHK soroti perlunya membangun industrialisasi pengelolaan sampah

Baca juga: Pelaku industri di Luwu menghasilkan produk dari energi hijau PLN


Panel surya diproyeksikan menjadi penyumbang utama untuk mencapai target pemerintah atas bauran energi nasional mencapai 23 persen dari EBT pada tahun 2025 dan 30 persen pada tahun 2030.

"Jadi semua langsung dipasang sesuai kebutuhan warga desa," ujarnya.

Kepala Desa Batetangnga, Sumailah Damang mengatakan total warga desa setempat sebanyak 6.372 kepala keluarga. Meski mayoritas berprofesi sebagai petani coklat, kopi, dan durian tapi 30 persen di antaranya tergolong miskin sehingga butuh dukungan untuk mencapai kemandirian sosial ekonomi.

Dengan demikian, ia menilai, bantuan seperti itu sudah sangat dibutuhkan untuk menerangi jalan perkampungan. Khususnya akses jalan dari kebun yang gelap minim penerangan listrik sehingga menyulitkan mereka beraktivitas.

"Terima kasih sudah beri perhatian lebih kepada warga kami yang jauh di perbukitan ini semoga mendorong kemajuan bagi desa kami," ujarnya.*

Baca juga: Mensos: Butuh peran aktif Pemda agar warga miskin rasakan manfaat PKH

Baca juga: Kemensos beli rumah untuk janda tiga anak yang hidup di tebing Polewali Mandar

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024