Program inkubasi bisnis ini memang menjadi salah satu program unggulan Pemkot Banjarmasin...,
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memastikan program kawal incubator bisnis menyasar sebanyak 3.600 wirausaha baru untuk dibina lebih lanjut.
 
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, pemerintahannya terus melakukan upaya menciptakan wirausaha baru, hingga menjadi wirausaha yang maju dan mandiri.
 
Program kawal incubator bisnis menjadi tindak lanjut pembinaan terhadap wirausaha baru tersebut, sebagaimana yang dilaksanakan sosialisasi untuk angkatan ke-3 tahun 2024.
 
Menurut Ibnu Sina, wirausaha baru yang kebanyakan dari pelaku usaha mikro kecil mengikuti sosialisasi tersebut nantinya diseleksi dan dilakukan pendampingan selama enam bulan ke depan hingga terpilih 30 orang wirausaha yang akan difasilitasi lebih lanjut.
 
"Program inkubasi bisnis ini memang menjadi salah satu program unggulan Pemkot Banjarmasin yakni melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM ekonomi kreatif, apalagi kita tahu bahwa Banjarmasin merupakan kota dagang dan jasa," ujar Ibnu Sina.
 
Menurut dia, program ini sudah berjalan selama tiga tahun, hasilnya banyak alumni yang sudah naik kelas dan juga produk-produk yang dihasilkan semakin berkualitas.
 
Dia berharap, yang mengikuti program ini baik dari segi administrasi maupun teknis bisa melaksanakan lebih baik lagi.
 
"Baik dari sisi kualitas produknya, kemasan, higienis. Kemudian persyaratan lain seperti NIB, PIRT termasuk nanti sertifikasi halal maupun hak merek jika diperlukan," ujarnya.
 
Menurut dia, wirausaha baru yang disasar Pemkot Banjarmasin untuk program ini diutamakan produk unggulan diantaranya sasirangan, kriya dan kuliner.

Pewarta: Sukarli
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024