Jakarta (ANTARA/JACX) – Babak kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga akan berlangsung pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Diketahui Indonesia akan bersaing dengan Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, dan Jepang.

Sebuah unggahan video TikTok menarasikan gelandang serang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan menyatakan tidak akan ikut kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Kemungkinan di round 3 kualifikasi Piala Dunia saya tidak akan bermain

Ada satu pemain naturalisasi yang akan menggantikan saya”

Namun, benarkah video Marselino nyatakan tidak ikut kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga?

 

Unggahan video yang menarasikan Marselino nyatakan tidak ikut kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga. Faktanya, video tersebut merupakan press conference Marselino setelah Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan YouTube saat Marselino melakukan konferensi pers setelah pertandingan Indonesia melawan Yordania di Piala Asia U-23.

Sehingga, dalam video tersebut tidak ada narasi Marselino menyatakan tidak ikut kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga. Hingga saat ini, belum diketahui siapa saja pemain yang akan ikut di kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa dirinya optimistis tim nasional sepak bola Indonesia bisa bersaing dalam Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, meski melawan banyak timnas yang kuat di Asia.

"Timnas Indonesia tetap optimistis, semangat mereka tetap ya ingin berjuang keras dan akan bertemu dengan negara-negara hebat lainnya," kata Dito, dilansir dari ANTARA.

Klaim: Video Marselino nyatakan tidak ikut kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Cek fakta, terdapat atribut bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda di Euro 2024

Cek fakta: Disinformasi! PSSI putuskan timnas tidak ikut Piala AFF 2024

Baca juga: Marselino tekankan tidak terbebani hasil wajib menang lawan Irak

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024