Salah satu pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit yang bernilai tambah adalah dengan mengolahnya melalui proses karbonisasi dan memanfaatkannya sebagai soil conditioner untuk meningkatkan kesuburan tanah dan efisiensi pemupukan pada perkebunan kelapa
Jambi (ANTARA) - Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi Institut Pertanian Bogor (IPB) mengenalkan inovasi pupuk dari tandan kosong kepada petani sawit di Jambi guna meningkatkan kesuburan tanah.

"Salah satu pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit yang bernilai tambah adalah dengan mengolahnya melalui proses karbonisasi dan memanfaatkannya sebagai soil conditioner untuk meningkatkan kesuburan tanah dan efisiensi pemupukan pada perkebunan kelapa sawit," kata Ketua Pelaksana workshop pemanfaatan soil conditioner Prof Erliza Hambali di Jambi, Selasa.

IPB yang saat ini digandeng oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menjelaskan pemanfaatan tandan kosong sawit sebagai soil conditioner dapat meningkatkan efisiensi pemupukan lahan perkebunan kepada petani di Jambi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi pemupukan di perkebunan sawit adalah menggunakan biochar atau karbon dari tandan kosong kelapa sawit.

"Dengan demikian biaya pemupukan bisa berkurang 20 persen," kata dia.

Biochar hasil proses karbonisasi tandan kosong kelapa sawit dapat digunakan sebagai soil conditioner untuk meningkatkan kesuburan tanah dan efisiensi pemupukan pada perkebunan kelapa sawit.

Saat ini, kata dia, sebagian besar tandan kosong sawit masih ditimbun atau dibakar di incinerator. Oleh sebab itu perlu dicari upaya pemanfaatannya yang lebih bernilai tambah tinggi.

Upaya ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia pada perkebunan kelapa sawit. Penggunaan pupuk kimia di perkebunan kelapa sawit selain harganya yang mahal juga terbatas ketersediaanya.

Penggunaan biochar hasil proses karbonisasi tandan kosong memiliki keunggulan diantaranya menjaga kelestarian kandungan bahan organik dan hara dalam tanah pada lahan perkebunan sawit.

Dia berharap dari sosialisasi ini, petani plasma, mandiri, pabrik dan perusahaan kelapa sawit dapat memanfaatkan keberadaan tandan kosong sebagai pupuk alternatif.

Sementara itu, guru besar IPB ini juga berharap Universitas Jambi sebagai mitra juga dapat menindaklanjuti hal ini dengan memberikan informasi kepada petani sawit dan menindaklanjuti riset mengenai manfaat penggunaan tandan kosong sawit untuk kesuburan tanah.

Baca juga: BPDPKS dan IPB dukung pengembangan hilirisasi kelapa sawit di Jambi
Baca juga: Kementan beri penguatan kelembagaan bagi petani sawit swadaya di Jambi
Baca juga: Kementan-BPDPKS tingkatkan kapasitas SDM pekebun kelapa sawit di Jambi

Pewarta: Tuyani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024