Jakarta (ANTARA) - Bagi para calon mahasiswa yang akan menentukan kampus pada tahun ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti kualitas, jarak, akreditasi dan yang tak kalah penting adalah biaya.

Kampus negeri masih menjadi favorit karena dinilai memiliki biaya yang lebih murah dan kualitasnya yang bagus. Webometrics baru-baru ini mengeluarkan daftar nama-nama PTN Indonesia yang menduduki peringkat teratas. Mau tahu universitas mana saja dan berapa ya kira-kira biayanya?

Mari kita ulas 5 PTN favorit beserta biayanya di bawah ini:

1. Universitas Indonesia (UI)
Terdapat beberapa program pendidikan yang diselenggarakan di UI, mulai dari diploma/vokasi, sarjana, magister, dan doktor. Anda bisa memilih program mana yang akan ada ikuti dan biayanya akan menyesuaikan tergantung program yang Anda pilih.

Bagi mahasiswa baru jenjang sarjana reguler UI memiliki sistem pembiayaan yang disebut Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang mencakup semua komponen biaya yang telah dialokasikan untuk penyelenggaraan, pembinaan, dan pengembangan pendidikan.

Tarif BOP ini disesuaikan dengan pada kemampuan orang tua atau wali calon mahasiswa, dibagi dalam 2 klasifikasi, yaitu BOP Berkeadilan (BOP-B) dan BOP Pilihan (BOP-P).

Biaya yang yang harus dibayarkan pada masing-masing BOP dibagi dalam beberapa kelas, dalam BOP-B pada rumpun Sains Teknologi dan Kesehatan (SAINTEK) biaya Kelas 1 berada di kisaran 0 sampai dengan Rp2 juta, kelas 2 berada di kisaran Rp2 juta sampai dengan Rp4 juta, kelas 3 Rp4 juta sampai Rp6 juta, dan kelas 4 Rp6 juta sampai Rp7,5 juta.

Sedangkan pada rumpun Sosial dan Humaniora (SOSHUM) biaya Kelas 1 berada di kisaran 0 sampai dengan Rp1,5 juta, kelas 2 berada di kisaran Rp1,5 juta sampai dengan Rp3 juta, kelas 3 Rp3 juta sampai Rp4 juta dan kelas 4 Rp4 juta sampai Rp5 juta.

Sedangkan dalam BOP-P pada rumpun Sains Teknologi dan Kesehatan (SAINTEK) biaya Kelas A berada di angka Rp10 juta kelas B Rp12,5 juta, kelas C Rp15 juta. Untuk Rumpun Sosial dan Humaniora (SOSHUM) biaya Kelas A berada di angka Rp7,5 juta, kelas B Rp10 juta, kelas C Rp12,5 juta.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Terletak di Yogyakarta, UGM menawarkan berbagai program studi dari tingkat sarjana hingga doktoral. Dengan sistem UKT yang diterapkan, biaya pendidikan di UGM bisa menyesuaikan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Selain itu, UGM menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan yang membutuhkan.

Kisaran biaya di UGM rata-rata mulai dari Rp500 ribu hingga Rp7 juta, untuk biaya UKT termahal ada di angka Rp20 juta pada Kedokteran Gigi

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Mahasiswa ITB yang telah diterima melalui jalur penerimaan mahasiswa reguler ITB (SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri ITB) diwajibkan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada setiap awal semester. Nilai UKT yang ditetapkan ITB bagi mahasiswa program sarjana reguler ITB berada di kisaran Rp500 ribu hingga Rp14,5 juta tergantung program studi dan jalur yang kalian pilih.

4. Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya atau UB adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Kota Malang dan menjadi banyak incaran oleh calon mahasiswa baru karena memiliki banyak jurusan sehingga memiliki biaya pendidikan yang beragam.

Kisaran biaya di UB rata-rata mulai dari Rp500 ribu hingga Rp9,5 juta untuk biaya UKT termahal ada di Rp23 juta pada program studi Kedokteran

5. Universitas Airlangga (UNAIR)
UNAIR yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, merupakan salah satu universitas terbaik dengan pilihan program studi yang beragam.
Biaya perkuliahan atau UKT di UNAIR rata-rata berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta tergantung program studi dan kemampuan biaya yang akan disesuaikan nantinya.

Demikian rangkuman biaya kuliah di 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, silahkan tentukan kampus impianmu!

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024