Ada juga rute Bali dan Kuala Lumpur menjadi tujuan favorit penumpang di Bandara Soetta selama libur ini.
Tangerang (ANTARA) - Senior Manager of Branch Comunication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi mengungkapkan bahwa daerah Surabaya hingga negara Singapura menjadi rute favorit penerbangan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, selama masa libur sekolah.

"Saat libur sekolah ini utamanya destinasi penumpang adalah Surabaya dan internasional adalah Singapura," kata Holik, di Tangerang, Selasa.

Ia mengungkapkan, selain daerah Surabaya yang menjadi destinasi favorit pada libur sekolah ini, terdapat juga penerbangan domestik tujuan Denpasar, Bali, menjadi rute favorit para penumpang di Bandara Soetta.

Kemudian, untuk rute internasional yang terbanyak dikunjungi penumpang melalui terminal terbesar di Indonesia ini adalah tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

"Ada juga rute Bali dan Kuala Lumpur menjadi tujuan favorit penumpang di Bandara Soetta selama libur ini," ujarnya lagi.

Dia mengungkapkan, untuk jumlah pergerakan penumpang selama masa libur sekolah yang berangkat berlibur melalui Bandara Soetta mencapai 183.205 orang.

"Biasanya rata-rata 130 sampai 150 ribu per hari, sekarang tertinggi padahal hari Minggu (30/6) kemarin itu penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Soetta sebanyak 183 ribu lebih," ujarnya pula.

Sedangkan, kata dia lagi, untuk pergerakan pesawat terdapat 1.143 penerbangan yang terdiri dari penerbangan keberangkatan serta penerbangan kedatangan.

"Pergerakan pesawat masih di angka 1.000 lebih. Ini masih di bawah selama masa angkutan lebaran lalu," ujar dia.

Ia mengungkapkan dengan terjadinya lonjakan penumpang pesawat dikarenakan adanya masa liburan anak sekolah.

"Momentum libur sekolah ini kemungkinan besar digunakan masyarakat untuk berpergian," kata dia.
Baca juga: Bandara Soetta jalankan USAP-CMA peningkatan keamanan penerbangan
Baca juga: Bandara Soetta layani kepulangan 13.157 haji Indonesia

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024