Jayapura (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Papua, menyebutkan 2.000 siswa latihan tari kolosal untuk ditampilkan pada Hari Anak Nasional (HAN) 2024 tingkat nasional yang digelar di Istora Papua Bangkit, Jayapura pada 23 Juli 2024.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid, di Jayapura, Selasa, mengatakan saat ini 2.000 peserta didik tersebut terus melakukan persiapan dengan berlatih di sekolah masing-masing.

Baca juga: KemenPPPA: Pancasila jadi subtema peringatan Hari Anak Nasional 2024

"Meskipun tingkat kesulitan dalam setiap gerakan cukup tinggi namun anak-anak sangat antusias dalam melaksanakan latihan karena memang ini merupakan gaya hidup mereka," katanya.

Majid optimistis 2.000 peserta didik bisa menampilkan tari kolosal dengan baik saat acara Hari Anak Nasional di Istora Papua Bangkit yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

"Sebanyak 2.000 peserta didik yang dilibatkan merupakan para siswa yang tersebar di 70 SD dan SMP di Kota Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Sekitar 5.000-7.000 anak Indonesia bakal ramaikan HAN ke-40 di Papua

Dia menjelaskan dalam melakukan latihan tari kolosal semua peserta didik mengikuti video tutorial tari yang telah dibagikan ke setiap sekolah sehingga anak-anak bisa melakukan latihan di masing-masing sekolah maupun per wilayah.

Menurut dia, durasi penampilan tari kolosal asal Papua saat pelaksanaan HAN itu sekitar delapan hingga 10 menit.

Dia berharap seluruh peserta didik yang akan membawakan tarian kolosal Papua dapat memberikan penampilan yang terbaik karena peringatan HAN 2024 tingkat nasional dipusatkan di Jayapura.

Baca juga: Hari Anak Nasional momen ciptakan lingkungan bebas asap rokok

"Kami sudah tentu akan memberikan yang terbaik, apalagi kegiatan ini dihadiri Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024