Sebagian kendaraan roda dua kita angkut pindahkan ke tempat penyimpanan sementara Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, sebagian lagi kita operasi cabut pentil
Jakarta (ANTARA) - Personel gabungan menertibkan parkir liar di Jalan Senopati, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dalam Operasi Lintas Jaya untuk memberikan efek jera kepada pengendara.

"Kami menjangkau kurang lebih 100 kendaraan bermotor roda dua yang parkir di badan jalan," kata Pengawas Tim Tindak Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ebenezer Tobing di Jakarta, Selasa.

Ebenezer mengatakan petugas gabungan yang diterjunkan sebanyak 100 personel terdiri atas unsur Sudin Perhubungan, Satpol PP, TNI, dan Polri.

Dalam penertiban itu sanksi yang dijatuhkan  25 kendaraan diangkut kemudian diserahkan ke Kepolisian dan sisanya dilakukan penindakan cabut pentil.

"Sebagian kendaraan roda dua kita angkut pindahkan ke tempat penyimpanan sementara Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, sebagian lagi kita operasi cabut pentil (OCP)," ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan bahwa penindakan kali ini merupakan aduan masyarakat yang resah dengan kendaraan yang diparkir sembarangan di bukan peruntukkan untuk parkir kendaraan.

"Untuk minggu ini kita prioritas yang di Senopati, karena memang sudah ada pengaduan bahwa parkir liar di Senopati sudah sangat marak," tambahnya.

Kegiatan ini dinilai upaya yang lebih tegas agar masyarakat mematuhi aturan dengan parkir di tempat yang sudah disediakan.

Dengan adanya penindakan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami pentingnya tertib lalu lintas dengan tidak parkir sembarangan, sehingga tidak mengganggu hak pejalan kaki, pesepeda, sekaligus untuk mempertahankan keindahan kota.

"Semoga yang kita lakukan ini akan memberikan efek jera bagi mereka yang melanggar, serta tentunya nantinya akan berdampak luas terhadap kelancaran arus lalu lintas dan estetika lingkungan," ujarnya.
 
Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan telah mencabut pentil sebanyak 823 kendaraan roda dua yang diparkir sembarangan dalam OCP hingga Mei 2024.
Baca juga: Dishub Jaksel atur lalin akibat pengerjaan saluran air di Jalan Satrio
Baca juga: Jaksel tertibkan parkir liar di jalur sepeda Senopati seminggu sekali
Baca juga: Penertiban berlanjut, Dishub Jaksel jaring 112 jukir liar hingga Juni

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024