Jakarta (ANTARA) -
PP Perbasi menargetkan untuk bisa menyelenggarakan Piala Dunia FIBA U-19 Putri di Indonesia pada tahun 2027, menyusul pengajuan yang sudah disampaikan kepada manajemen federasi bola basket internasional tersebut.
 
"Sudah mengajukan ke FIBA ya atas izin dari kemenpora juga karena kita sudah ketemu sama Pak Menpora pada saat itu bersama FIBA, dan pada prinsipnya disetujui," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.
 
Nirmala menyebutkan bahwa Perbasi telah mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia bola basket untuk sejumlah kelompok umur yang agendanya dijadwalkan pada 2027, 2029, dan 2030. Yang terdekat adalah Piala Dunia FIBA U-19 Putri yang sudah dijadwalkan pada tahun 2027.
 
Saat ini, lanjut Nirmala, Perbasi masih menunggu keputusan resmi dari FIBA untuk menunjuk Indonesia menjadi negara penyelenggara kejuaraan dunia tersebut. Dia berharap keputusan dari FIBA diumumkan sebelum Oktober 2024, sebelum federasi bola basket Indonesia berganti kepengurusan.

Baca juga: Menpora: FIBA beri sinyal Piala Dunia FIBA U-19 digelar di Indonesia
 
Nirmala meyakini bahwa Indonesia bisa menggelar kembali ajang kejuaraan bola basket level dunia, setelah sukses dalam pelaksanaan Piala Dunia FIBA 2023. Nirmala menyebut sampai saat ini Indonesia merupakan negara satu-satunya yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA U-19 Putri.
 
Selain itu, pengajuan penyelenggaraan ajang ini juga sudah disetujui sebelumnya oleh FIBA dalam pembicaraan secara informal, saat manajemen federasi bola basket internasional berkunjung ke Indonesia.
 
Nirmala menekankan bahwa Indonesia harus turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIBA U-16 Putri di tahun 2027, dan meraih prestasi di ajang tersebut.
 
"Karena kita pernah menyelenggarakan kejuaraan dunia di 2023 kemarin dan sangat sukses sekali. Tapi kita juga perlu prestasi," kata Nirmala.
 
Untuk mengejar target tersebut, saat ini Perbasi sudah memulai pencarian talenta-talenta basket putri yang diproyeksikan untuk berkompetisi pada Piala Dunia FIBA U-19 Putri 2027.

Baca juga: Indonesia bertekad bertahan di Divisi A FIBA U-18 Women Asia
Baca juga: Bertemu Erick Thohir, FIBA akan berkantor di Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024