Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional sepak bola Panama lolos ke babak delapan besar Copa America 2024 setelah menumbangkan Bolivia dengan skor 3-1 dalam pertandingan terakhir grup C di Stadion Inter & Co, Amerika Serikat (AS), Selasa pagi WIB.
 
Los Canaleros meraih kemenangan, melalui gol yang diciptakan masing-masing oleh Jose Fajardo, Eduardo Guerrero, dan Cesar Yanis pada menit ke-22, '79, dan '90+1. Sedangkan gol penghibur Bolivia dicetak Bruno Miranda pada menit ke-69.
 
Hasil itu membuat Panama lolos ke perempat final sebagai runner up grup C, setelah mengumpulkan enam poin dari tiga laga. Fajardo dan kawan-kawan menemani Timnas Uruguay yang juga menang melawan Amerika Serikat, pada waktu yang sama.
 
Panama yang di asuh Thomas Christiansen ini menurunkan Orlando Mosquera, Michael Murillo (Kahiser Lenis '46), Jose Cordoba, Edgardo Farina, Eric Davis, Cristian Martinez (Abdiel Ayarza '74), Jovani Welch, Carlos Harvey (Eduardo Guerrero '74), Cesar Blackman, Edgar Barcenas, dan Jose Fajardo (Freddy Gondola '85) sebagai starter.
 
Sementara Bolivia yang dilatih Antonio Carlos Zago diperkuat Guillermo Viscarra, Hector Cuellar, Luis Haquin, Marcelo Suarez, Yomar Rocha (Bruno Miranda '63), Boris Cespedes (Leonel Justiniano '63), Gabriel Villamil (Adalid Terrazas '63), Jose Sagredo, Miguel Terceros, Ramiro Vaca (Fernando Saucedo '81), dan Algaranaz di awal pertandingan.
 
Pada babak pertama, Panama langsung menekan pertahanan Bolivia. Menit ke-6, sundulan Fajardo masih mengarah ke pelukan kiper Viscarra.
 
Mereka terus menekan pertahanan lawan, hasilnya berbuah pada menit ke-22 melalui Fajardo yang menerima umpan sundulan Cristian Martinez.
 
Kemudian, pada menit ke-35 Panama hampir menggandakan keunggulan. Tendangan keras Edgar Barcenas dari luar kotak penalti berhasil ditepis oleh penjaga gawang.
 
Bolivia hanya bisa merespons melalui serangan balik cepat pada menit-menit akhir babak pertama. Namun, skema itu tidak berpengaruh banyak dan skor tetap 0-1 untuk keunggulan Panama.

Baca juga: Uruguay menuju perempat final setelah pesta gol 5-0 lawan Bolivia
Baca juga: Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1

Selanjutnya: babak kedua

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024