Dedikasi kami terhadap praktik-praktik ramah lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga berdampak pada masyarakat sekitar .....
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas, bagian dari Subholding Gas PT Pertamina (Persero), meraih penghargaan Green Leadership (kepemimpinan hijau) dalam ajang penghargaan internasional Asia Responsible Enterprise Award (AREA) 2024.

Pertamina Gas (Pertagas) di bawah kepemimpinan Direktur Utama Gamal Imam Santoso dinilai memiliki komitmen dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Gamal dalam keterangan di Jakarta, Selasa, memaparkan tentang Empowering Green Business Through PROPER. Pertagas sebagai perusahaan infrastruktur energi telah menerapkan berbagai strategi dalam mencapai operational excellence dalam bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: Pertagas: Integrasi pipa Sumatra-Jawa beri manfaat berbagai sektor

Strategi yang dijalankan Pertagas di antaranya, pengelolaan sumber daya, efisiensi energi, pengurangan emisi, keterlibatan komunitas, dan pengembangan inovasi hijau di seluruh wilayah operasinya yang dikembangkan oleh para pekerja Pertagas dengan dukungan manajemen.

Selain itu, dalam paparannya Gamal juga menyampaikan bahwa bisnis Pertagas sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong bisnis yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sehingga tercapainya Net Zero Emission (NZE) 2060.

Dalam praktiknya, Pertamina Gas merupakan perusahaan infrastruktur energi yang menyalurkan kebutuhan energi nasional dan berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Dedikasi kami terhadap praktik-praktik ramah lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga berdampak pada masyarakat sekitar dan keberhasilan bisnis jangka panjang,” ujar Gamal pada ajang Asia Responsible Enterprise Awards.

Dia mengatakan bahwa keberlanjutan bukan sekadar tanggung jawab, tetapi juga peluang untuk mencapai pertumbuhan bisnis jangka panjang.

“Kami meyakini bahwa praktik ramah lingkungan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, masyarakat, dan perusahaan,” kata Gamal.

Baca juga: Pertagas jajaki kerja sama LNG Hub Terminal Arun dengan Korea Selatan

Secara terpisah Corporate Secretary PT Pertamina Gas, Muhammad Baron menyampaikan bahwa Penghargaan Green Leadership tingkat internasional yang diperoleh perusahaan ini merupakan perwujudan dari komitmen dalam tanggung jawab sosial lingkungan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

AREA yang digelar di Ho Chi Minh, Vietnam, Jumat (28/6), adalah program penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia yang bertujuan untuk mengakui dan memberikan apresiasi pada perusahaan-perusahaan di Asia yang telah menunjukkan komitmennya dalam menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Kategori Green Leadership AREA merupakan penghargaan bergengsi yang mengakui perusahaan-perusahaan di Asia yang telah menunjukkan komitmen kepemimpinannya dalam penerapan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024