Jakarta (ANTARA) - Lima berita ekonomi pilihan kemarin masih menarik dibaca pada hari ini, Selasa. Mulai dari upaya perluasan lapangan kerja yang dilakukan pemerintah hingga penguatan nilai tukar rupiah yang dipengaruhi penurunan inflasi.

Berikut ikhtisar beritanya:

Menko Luhut bidik peningkatan lapangan kerja lewat "family office"

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan peningkatan penerimaan produk domestik bruto (PDB) dan lapangan kerja melalui skema investasi family office atau pengelolaan dana berbasis keluarga.

“Dia harus datang kemari (Indonesia). Misalnya, dia taruh duitnya 10 atau 30 juta dolar AS, dia harus investasi berapa juta, dan kemudian dia juga harus memakai orang Indonesia untuk kerja di family office tadi. Jadi, itu nanti yang kita pajakin,” ujar Luhut sebagaimana dikutip melalui akun instagram resminya, luhut.pandjaitan, dipantau dari Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

BKPM pastikan layanan penerbitan izin tak terdampak serangan siber

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan layanan penerbitan nomor induk berusaha (NIB) yang diajukan melalui sistem Online Single Submission (OSS) tidak terdampak serangan siber pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terdeteksi pertama kali 17 Juni 2024.

"Layanan OSS masih berjalan normal di minggu lalu sampai sekarang. Tapi tim tetap berjaga, memastikan tidak ada gangguan yang mungkin terjadi di kemudian hari,” kata Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

 

Kemenperin: Perlu penyesuaian impor guna pacu optimisme industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan perlunya penyesuaian pengaturan impor untuk mendongkrak optimisme pelaku industri di tanah air yang terpengaruh oleh pengetatan pasar global, serta adanya regulasi perdagangan yang kurang mendukung.

"Sektor industri saat ini memang sudah masuk ke kondisi alarming. Para pelaku industri menurun optimismenya terhadap perkembangan bisnis mendatang. Hal ini dipengaruhi oleh melemahnya pertumbuhan pesanan baru yang dipengaruhi oleh kondisi pasar, restriksi perdagangan di negara lain, juga regulasi yang kurang mendukung,” ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

 

BPS catat penduduk miskin turun jadi 9,03 persen pada Maret 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka penduduk miskin pada Maret 2024 mengalami penurunan sebesar 0,33 persen poin bila dibandingkan dengan Maret 2023, yakni menjadi 9,03 persen dari sebelumnya 9,36 persen.

“Persentase penduduk miskin turun 0,33 persen poin terhadap Maret 2023,” kata Plt Sekretaris Utama BPS Imam Machdi di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

Rupiah meningkat dipengaruhi penurunan inflasi di Indonesia

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Senin ditutup menguat dipengaruhi penurunan inflasi di Indonesia.

Pada akhir perdagangan, rupiah naik 54 poin atau 0,33 persen menjadi Rp16.321 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.375 per dolar AS.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024