Jakarta (ANTARA) - Penjaga gawang Diogo Costa menjadi pahlawan Portugal yang mengantarkan Selecao ke perempat final Euro 2024 dengan menyingkirkan Slovenia dalam drama adu penalti setelah kedua tim imbang 0-0 selama 120 menit pada pertandingan 16 besar Euro 2024 di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa dini hari WIB.

Costa mementahkan tendangan semua dari tiga pemain pertama Slovenia ketika tiga pemain  Selecao semuanya berhasil, sehingga adu penalti berhenti pada tiga penendang dengan kedudukan 3-0 untuk Portugal.

Portugal akan ditantang Prancis pada babak perempat final di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu dini hari pekan ini pukul 02.00 WIB.

Portugal langsung mengambil inisiatif menyerang untuk menciptakan peluang lewat tendangan Ruben Dias yang  menyamping dari gawang Slovenia.

Portugal berpeluang mencuri keunggulan andai umpan Bernardo Silva dapat disambut dengan baik oleh Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes.

Skuad asuhan Roberto Martinez terus menggempur lini pertahanan Slovenia, dan kali ini mereka memberikan ancaman lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang tak menyasar sasaran.

Baca juga: Gol bunuh diri Vertonghen antar Prancis ke perempat final

Menjelang berakhirnya babak pertama, Portugal kembali menciptakan peluang melalui tendangan Joao Palhinha yang  melambung tipis di atas mistar gawang Slovenia.

Pada babak kedua, Portugal terus memegang kendali pertandingan. Ronaldo kembali menciptakan peluang lewat tendangan keras yang bisa dimentahkan kiper Slovenia Jan Oblak.

Portugal tak menyerah untuk berupaya membobol gawang Slovenia. Kali ini sundulan  Palhinha menyamping dari sasaran.

Ronaldo lagi-lagi mendapatkan peluang lewat skema bola mati, akan tetapi kali ini pun tendangan bebasnya menyamping dari gawang Slovenia.

Portugal terus mendapatkan peluang, juga dari Ronaldo, yang melepaskan tendangan keras yang mengarah ke gawang Slovenia, namun Jan Oblak kembali menghadangnya.

Slovenia sempat menciptakan peluang eams lewat tendangan Benjamin Sesko tapi menyamping dari gawang Portugal.

Baca juga: Portugal vs Slovenia: Wajah asli Selecao siap hentikan Reprezentanca

Sampai 90 menit waktu normal kedudukan tetap 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dua kali 15 menit.

Pada babak pertama waktu tambahan, Portugal memiliki peluang emas untuk mengakhiri pertandingan sengit ini setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat Diogo Jota dilanggar di kotak terlarang.

Ronaldomaju sebagai algojo tapi gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangannya ditepis oleh Jan Oblak.

Pada babak kedua waktu tambahan, giliran Slovenia memiliki peluang emas untuk membobol gawang Portugal, namun tendangan Sesko yang cuma berhadapan dengan kiper Portugal dapat dihalau oleh Diogo Costa.

Portugal terus mendominasi jalannya pertandingan, namun skor sama kuat 0-0 bertahan sehingga pemenang harus ditentukan oleh adu tendangan penalti.

Portugal keluar sebagai pemenang setelah tiga penendang pertama Slovenia dimentahkan oleh Diogo Costa, sedangkan semua eksekutor Selecao sukses menaklukkan Jan Oblak.

Baca juga: Inggris secara dramatis ke perempat final usai kalahkan Slowakia 2-1

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024