Jakarta (ANTARA) - Prancis melanggeng ke perempat final Piala Eropa 2024 setelah menang tipis 1-0 atas Belgia dalam pertandingan babak 16 besar di Espirit Arena yang juga disebut Duesseldorf Arena, Dusseldorf, pada Senin malam WIB.

Gol yang mengantarkan Prancis ke perempat final itu merupakan gol bunuh diri dari bek tengah Belgia Jan Vertonghen.

Pada perempat final, Prancis akan menghadapi pemenang laga Portugal melawan  Slovenia yang berlangsung Selasa dini hari pukul 02.00 WIB.

Prancis langsung menyerang dan menciptakan peluang saat laga baru berjalan dua menit melalui tembakan Adrien Rabiot, tapi melebar di sisi kiri gawang Belgia.

Pada menit ke-10, Antoine Griezmann melepaskan tembakan jarak jauh yang mudah diamankan kiper Belgia Koen Casteels.

Baca juga: Southgate puji Bellingham usai cetak gol lawan Slowakia

Kylian Mbappe memperoleh ruang di kotak penalti usai Prancis membangun serangan lewat kiri, tetapi tembakannya melambung di atas gawang.

Belgia baru bisa menciptakan peluang pada menit ke-27, tetapi tembakan Yannick Carrasco diblok Theo Hernandez di kotak penalti.

Peluang emas didapat Thuram pada menit ke-34. Ia menyambut umpan silang Jules Kounde dari sisi kanan, tetapi tandukannya melebar tipis di sisi kanan gawang Casteels.

Pada awal babak kedua, Prancis mencoba untuk langsung menekan. Pada menit ke-53 Mbappe melakukan aksi individu, tetapi penyelesaiannya melambung di atas mistar gawang Belgia.

Pada menit ke-60 Belgia memiliki peluang terbuka saat Yannick Carrasco menerima umpan terobosan di kotak penalti Prancis.

Baca juga: Prancis vs Belgia: Pembuktian dua tim mandul berperingkat atas

Namun, Theo Hernandez melakukan tekel brilian saat Carrasco hendak melepaskan tembakan.

Pada menit ke-70 Belgia kembali mengancam gawang Prancis melalui tembakan keras Romelu Lukaku. Namun, kiper Mike Maignan masih bisa memblok bola.

Belgia mengancam gawang Prancis melalui tembakan keras Bruyne dari dalam kotak penalti pada menit ke-83, tetapi bisa diblok kiper Prancis.

Pada menit 84, Prancis memecah kebuntuan. Proses gol terjadi melalui tembakan Ramdal Kolo Muani yang mengenai kaki Jan Vertonghen sebelum masuk gawang sendiri.

Prancis menang 1-0 atas Belgia dan lolos ke perempat final.

Baca juga: Sempat tertinggal, Spanyol cukur habis Georgia 4-1

Susunan pemain

Prancis (4-3-3):
Mike Maignan, Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernández, N'Golo Kante, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann, Marcus Thuram (Kolo Muani 62'), Kylian Mbappe.

Belgia (4-4-2): Koen Casteels, Arthur Theate, Jan Vertonghen, Wout Faes, Timothy Castagne (Charles De Ketelaere 89'), Yannick Carrasco (Dodi Lukebakio 89'), Amadou Onana, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku, Romelu Lukaku, Lois Openda (Orel Mangala 63').

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024