Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama) Ari Dwipayana mengatakan spirit utama Kagama adalah berbakti untuk Indonesia.

"Pengurus Kagama boleh silih berganti. Namun, jiwa dan tekad tetap sama, yaitu berbakti pada ibu pertiwi," kata Ari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, semangat itu selalu digaungkan pada saat menyanyikan himne Universitas Gadjah Mada dan akan terus digaungkan dalam setiap aktivitas Kagama.

Oleh karena itu, spirit tersebut menjadi dasar penyusunan tema Munas XIV Kagama 2024 yang akan dilaksanakan pada 14-17 November 2024 di Ancol Jakarta, yakni "Kagama Bakti untuk Ibu Pertiwi".

Adapun Ari selaku Ketua Panitia Munas XIV Kagama, menyampaikan hal tersebut ketika memberikan sambutan dalam peresmian peluncuran logo dan jingle Munas XIV Kagama 2024 pada Minggu (30/6) malam.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan, peluncuran logo dan jingle Munas XIV adalah cara Kagama untuk memanaskan dan menggairahkan forum Munas, sehingga acara tersebut dapat menjadi milik anggota Kagama di seluruh Indonesia, bahkan juga yang di luar negeri.

Baca juga: Sekjen Kagama dorong alumni UGM berperan aktif dalam pembangunan

Baca juga: Kagama Filsafat minta Kemenkeu reformasi struktural Ditjen Pajak


Ia pun berharap proses penyelenggaraan Munas XIV bukan hanya menjadi momen di bulan November mendatang saja. Akan tetapi, gelora menuju munas harus terus dilakukan di semua tempat yang melibatkan semua pengurus Kagama di semua tingkatan.

"Diharapkan dengan tema yang sudah dirumuskan ini, teman-teman bisa melaksanakan acara yang terkait dengan penyelenggaraan munas. Acara tersebut seperti seminar, bakti sosial, dan acara-acara lain yang sepenuhnya menunjukkan Kagama bukan hanya sekadar hadir, namun juga berkontribusi pada persoalan masyarakat maupun bangsa," ujarnya.

Ia juga berharap agar Munas XIV Kagama dapat menjadi momen untuk merayakan perjalanan panjang Kagama.

"Saya berharap Munas Kagama ini tidak kalah dengan munas partai dalam arti kemeriahannya. Kita akan berpesta demokrasi, berpesta kepemimpinan, serta berpesta kemajuan," harapnya.

Acara yang digelar di Rumah Kagama, Jakarta, itu turut dihadiri oleh Ketua Umum PP Kagama Ganjar Pranowo, Wakil Ketua Umum PP Kagama Budi Karya Sumadi, hingga seluruh Pengurus Harian PP Kagama.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024