Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) tengah mempersiapkan desain arena pertandingan pada Pekan Olahraga Nasional 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

"Persiapan cabang olahraga esports untuk PON 2024 Aceh-Sumatera Utara hingga saat ini sudah sampai tahap desain venue tanding," kata technical delegate esports untuk PON XXI Stanley Tjia kepada ANTARA melalui pesan instan di Jakarta, Senin.

Stanley mengungkapkan pendaftaran atlet telah dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) daerah masing-masing sesuai rekomendasi ESI provinsi.

"Pendaftaran atlet ini adalah langkah dari long list menjadi short list di mana para atlet yang terpilih dari hasil Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang diselenggarakan masing-masing provinsi," ujar Stanley.

"PB ESI akan terus bekerjasama dengan ESI provinsi, khususnya dengan ESI Sumatera Utara, di mana kami terus melakukan koordinasi dan visitasi lokasi guna menyukseskan pertandingan esports pada PON 2024 XXI Aceh-Sumatera Utara."

Senada dengan Stanley, Wakil Kepala Bidang I Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Puang Syamsudin yang telah melakukan kunjungan arena pertandingan esport menyebut arena pertandingan telah tersedia.

Baca juga: Ketua Umum KONI pastikan PON 2024 digelar sesuai agenda

"Kemarin kita sudah CDM Meeting II dan technical delegate esports sudah berkunjung ke sana, dan melihat venue-nya, kebetulan di hotel, dan sudah oke. Mereka tinggal koordinasi mengenai kesiapan misalnya kebutuhan untuk bertanding, peralatan, dan lain-lain," kata Puang kepada ANTARA belum lama ini.

"Dalam bulan depan ini sudah selesai semua, tinggal konsep pertandingan, karena pertandingan dibuka tanggal 8 September, jadi mereka sudah siap semua."

Mengenai jaringan yang menjadi tumpuan dasar penyelenggaraan pertandingan esport, Puang mengatakan ketersediaan jaringan disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Puang juga mengatakan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) turut menyiapkan ketersediaan jaringan telekomunikasi.

PON Aceh-Sumut 2024 akan berlangsung pada 8-20 September. Esports dilombakan pada 13-19 September 2024.

Baca juga: Liga Esports Nasional 2024 resmi dibuka

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024