Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pelaksanaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang digelar pada 24-27 Juli 2024, melibatkan arsitektur bambu terbaik di Indonesia.

"F8 adalah salah satu agenda yang masuk kalender KEN Top 10 Kemenparekraf. Sejak 2017 hingga saat ini, F8 selalu menjadi acara yang dinantikan banyak orang," ujarnya.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan pihaknya mendukung F8 untuk menghadirkan hal yang unik dan menarik tiap tahunnya.

Baca juga: Wali kota apresiasi F8 Makassar masuk Top 10 KEN 2024

"Pertama, kita ambil kawasan Tugu MNEK, karena di situ angel paling menarik untuk Makassar," katanya.

Dia menuturkan pihaknya mengundang arsitek bambu untuk menambah daya tarik suasana dan nuansa F8, selain sebagai latar berswafoto bagi para pengunjung.

"Kita undang arsitek bambu, desainnya sangat menarik, dan ini sangat ikonik. Arsitek bambu ini terbaik di Indonesia. Dari situ kita butuh tempat swafoto dan itulah yang jadi memorable dari F8," tutur Danny.

Wali kota yang juga pencetus F8 ini berharap F8 makin baik, makin memorable lagi. "Terutama jadi standar kita yang terus mengglobal dengan nilai Makassarnya, karena itu yang kita 'jual'," ucapnya.

Pihaknya berusaha terus menciptakan nuansa F8 yang berbeda dan terbaik. "Insya Allah F8 jadi kebanggaan kita dan kepercayaan terhadap F8 sampai saat ini kuat sekali," tambahnya.

Tahun depan, Danny berencana membuat dermaga beton untuk Pinisi, termasuk penyeberangan Kayu Bangkoa agar menyempurnakan apa yang menjadi passion dan cita-cita Makassar sebagai Kota Festival Tepian Air dan agenda bergengsi lainnya.

F8 kali ini mematok 500 ribu pengunjung, naik 100 ribu dari 421 ribu pengunjung tahun lalu.

Optimistis F8 kian semarak karena menggandeng juga YouTuber juga Vlogger. Jumlah booth juga sudah ada. Booth dari pemerintahan yang terlibat sudah ada 11 unit, di antaranya dari Pemkab Gowa, Takalar dan masing-masing unit SKPD.

Baca juga: Wali Kota Makassar klaim pengunjung F8 capai 500 ribu orang

Baca juga: Konjen Australia ungkapkan bangga bisa berpartisipasi di F8 Makassar


Sementara partisipasi dari mancanegara juga sudah terisi 6 booth, UMKM 124 booth, Corporate 9 booth. Diharapkan menjelang hari H booth sudah mencapai 280 hingga 300 tenant. Adapun Makassar F8 merupakan singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, selain fusion music, film, fashion, fine arts, folk.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024