Saya berharap semua pimpinan organisasi perangkat daerah berkolaborasi menyukseskan Festival ini
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengatakan, perhelatan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) yang berlangsung 1-4 Juli 2024 diharapkan dapat mengangkat perekonomian warga lokal orang asli Papua (OAP).

"Festival BMW ini juga akan memperagakan keaslian budaya tradisional suku Biak," kata Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia saat membuka Festival BMW 2024, Senin malam.

Ia mengatakan, gelaran Festival BMW juga diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata ke daerah Kabupaten Biak Numfor dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

"Saya berharap semua pimpinan organisasi perangkat daerah berkolaborasi menyukseskan Festival ini," kata dia.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Yubelius Usior mengatakan, dalam Festival BMW 2024 pihaknya menyiapkan 20 tenda bagi pelaku UMKM OAP untuk tempat pemasaran hasil produk usahanya.

"Setiap festival yang dibuat pemerintah kami pastikan ikut membantu pelaku UMKM Biak untuk berjualan di lapak tenda disiapkan panitia," katanya.

Secara terpisah, Kadis Pariwisata Onny Dangeubun berharap Festival BMW sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor.

"Kami juga menargetkan jumlah kunjungan wisata ke Biak bisa meningkat," katanya.

Beberapa atraksi budaya tradisional suku Biak dalam gelaran Festival BMW 2024 di antaranya apen bayeren atau atraksi berjalan di atas batu panas.

Serta atraksi budaya tradisional yakni snap mor atau menangkap ikan secara tradisional di air surut, parade tari Wor dan Yospan, pesona kuliner, parade perahu adat, musik hiburan dan pameran UMKM, serta tour wisata Padaido.

Baca juga: Kabupaten Biak Numfor terima transfer Dana Otsus Papua Rp48 miliar
Baca juga: Empat kabupaten akan ekspor bersama ikan ke Jepang pada STC Biak
Baca juga: KI Pusat: Kampung Ruar Biak masuk nominasi 10 besar desa transparan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024