Denpasar (ANTARA) - Bali United menambah pemain asing berkewarganegaraan Botswana, Brandon James Wilson untuk memperkuat tim menjelang musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025.

“Brandon pertama kali menjalani karier di Indonesia,” kata Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri di Denpasar, Senin.

Pemain berusia 27 tahun itu rencananya akan memperkuat sektor tengah yang mengombinasikan serangan dan pertahanan skuad Serdadu Tridatu.

Gelandang keturunan Australia itu akan mengisi posisi yang selama ini ditinggalkan pemain yang sudah hengkang di lini tengah.

Yabes mengharapkan meski baru pertama berkarir di Indonesia, Brandon dapat langsung beradaptasi dengan tim menjelang persiapan latihan perdana pada Selasa (2/7).

Brandon banyak menjalani karier lapangan hijau di beberapa negara seperti Australia, Inggris, Thailand, dan terakhir Vietnam bersama Ha Noi FC.

Ada pun Brandon saat berseragam tim dari Vietnam itu sempat menjadi lawan Bali United pada turnamen Hana Play Cup pada awal 2024.

Baca juga: Pemain baru Bali United jalani latihan perdana 2 Juli 

Pemain dengan tinggi 185 centimeter itu menjadi orang keempat dan orang kedua pemain asing yang diumumkan manajemen Bali United setelah sebelumnya ada pemain asing asal Jepang Mitsuru Maruoka, eks pemain Persib Bandung Fitrul dan eks pemain Arema FC Bagas Adi.

Dengan demikian, saat ini sudah ada lima pemain asing yang dimiliki klub juara Liga 1 Indonesia 2019 dan 2021/2022 sehingga tinggal mencari tiga pemain asing tambahan.

Lima pemain itu yakni Brandon dan Mitsuru Maruoka yang merupakan pemain anyar serta tiga pemain asing lama masih berseragam merah, hitam, putih, yakni Privat Mbarga yang berkewarganegaraan Kamboja, Elias Dolah dari Thailand, dan Adilson Maringa yang berasal dari Brasil.

Ada pun aturan terbaru operator Liga 1 Indonesia untuk pemain asing yakni delapan pemain asing dengan skema enam pemain asing dari negara bebas dan dua dari Asia atau 6+2.

Dari skema itu, 5+1 pemain asing masuk sebagai 11 pemain inti di lapangan, sedangkan sisanya di bangku cadangan.

Baca juga: Mantan pemain Arema perkuat Bali United

Memasuki musim kompetisi kasta tertinggi Liga 1, total ada delapan pemain yang sepakat tidak memperpanjang kontrak dengan Bali United yakni Jajang Mulyana, Haudi Abdillah, Jefferson Assis, Muhammad Ridho, Eber Bessa, Ramdani Lestaluhu, Mohamed Rashid dan Fadil.

Selain itu, ada dua pemain yang menjalani bursa peminjaman di klub Liga 1 lain yakni Ryuji Utomo dan Ardi Idrus.

Baca juga: Maruoka bertekad bawa Bali United raih posisi puncak 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024