Jakarta (ANTARA) - Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meyakini bahwa visi Indonesia Emas 2045 dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat dicapai melalui pendidikan yang berkualitas.

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, pihaknya percaya bahwa investasi dalam pendidikan akan memberikan manfaat bagi bangsa. Oleh sebab itu, dalam rangka mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, Citi Indonesia menginisiasi kegiatan Citi Global Community Day 2024.

“Global Community Day menunjukkan komitmen kuat Citi sebagai bank global dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, yang kami yakini akan berkontribusi pada visi mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Batara dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Batara mengatakan, Citi Indonesia telah hadir dan berkontribusi selama 56 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, kata dia, Citi melihat langsung bagaimana pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi.

Citi memandang, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam mencapai tujuan pendidikan berkualitas. Rata-rata tingkat pendidikan pekerja di Indonesia masih didominasi oleh lulusan sekolah dasar (SD). Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan terdapat peningkatan angka putus sekolah di samping tingginya jenjang pendidikan.

Di sisi lain, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan yang saling terkait. Hal ini ditunjukkan dari hasil riset XQ High School & The Future of Work yang menyebutkan bahwa peningkatan prestasi siswa akan menambah 70 triliun dolar AS pada PDB dari waktu ke waktu.

Melalui Global Community Day, Citi pun menekankan pentingnya pendidikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Dengan mengusung tema “Celebrating a Culture of Learning and Growth”, Citi menyoroti pentingnya keinginan terus-menerus untuk belajar dan tumbuh, selaras dengan visi transformasi Citi.

Adapun puncak kegiatan Global Community Day ditandai dengan donasi berupa 560 paket tas dan perlengkapan sekolah yang akan didistribusikan ke delapan sekolah di wilayah Rawabadak Selatan, Jakarta Utara.

Paket tas dan perlengkapan sekolah akan didonasikan kepada murid pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah dasar (SD) yang sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Donasi tersebut akan disalurkan melalui Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia).

Selain Plan Indonesia, Citi Indonesia turut menggandeng para mitra lainnya yang bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi dan lingkungan dalam penyelenggaraan Global Community Day 2024 seperti Mercy Corps Indonesia, Prestasi Junior Indonesia, dan United Nations Development Programme (UNDP).

Kegiatan Global Community Day yang diselenggarakan di area SCBD Park, Jakarta, pada Minggu (30/6), melibatkan Citi Volunteers beserta keluarga dan alumni dalam berbagai kegiatan sosial seperti mendonasikan buku, pakaian, dan mainan layak pakai.

Selain itu, Citi Indonesia juga melakukan rangkaian kegiatan literasi keuangan serta pembekalan ilmu dan keterampilan kewirausahaan.

Penyelenggaraan Global Community Day juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Juni serta perayaan ulang tahun Citi Indonesia ke-56.

Baca juga: Mercy Corps: Kolaborasi kunci tingkatkan literasi perempuan pengusaha
Baca juga: Citi Indonesia bukukan laba bersih Rp665,9 miliar di kuartal I 2024
Baca juga: BCA beri beasiswa 700 mahasiswa tahun ini dukung visi Indonesia Emas

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024