Lhasa (ANTARA) - Kelompok pertama biksuni Buddha Tibet di Daerah Otonom Xizang, China barat daya, telah diakreditasi sebagai "Chi Ram Pa," sebuah gelar akademis yang setara dengan gelar master dalam Buddhisme Tibet, pada Minggu (30/6).

Zhukang Tubdankezhub, selaku presiden Institut Buddhis Tibet, menyerahkan sertifikat kelulusan dan gelar kepada 29 biksuni dalam upacara kelulusan tahun ini.

Generasi baru para biksu dan biksuni sekarang dapat melakukan studi mendalam tentang Buddhisme Tibet dalam kondisi yang sangat baik, sesuatu yang bahkan tak pernah terbayangkan oleh masyarakat Xizang kuno, kata Zhukang Tubdankezhub.

Jurusan biksuni di Institut Buddhis Tibet didirikan pada 2014. Selain mata kuliah agama Buddha, para mahasiswa biksuni ini juga mempelajari mata kuliah seperti sejarah, hukum, dan komputer.

Ke-29 biksuni tersebut mengikuti ujian debat sutra dan ujian tesis pada 20 Juni.

"Saya merasa sangat beruntung dapat menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar 'Chi Ram Pa' berkat kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendukung, serta para guru dan teman sekelas saya," ujar Yeshe Drolma, salah satu biksuni. Selesai
 
Para biksuni Buddha menunjukkan ijazah mereka dalam upacara kelulusan di Institut Buddhis Tibet di Lhasa, Daerah Otonom Xizang, China barat daya, pada 30 Juni 2024. (Xinhua/Tenzing Nima Qadhup)
 
Biarawati Buddha menunjukkan ijazahnya pada upacara wisuda di institut Buddha Tibet di Lhasa, Daerah Otonomi Xizang, Tiongkok barat daya, 30 Juni 2024. (Xinhua/Tenzing Nima Qadhup)  

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024