Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menjalani turun ke desa 2024, untuk kesepuluh kalinya menggunakan motor trail sepanjang 1.100 kilometer.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarbaru, Senin, mengatakan rute turun ke desa Gubernur Kalsel dimulai dari Kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru hingga menjelajah 11 kabupaten/kota dari 1-6 Juli 2024.

Baca juga: Gubernur Kalsel beserta ratusan rider motor trail gelar Turdes
 
"Rute pak gubernur dan rombongan untuk turun ke desa sudah disiapkan dan mengunjungi 12 kabupaten/kota," ucapnya.
 
Rute turun ke desa, ucap Fitri, lebih panjang dari sebelumnya, yakni, 1.100 kilometer, pada turun ke desa 2023 memecahkan rekor MURI sepanjang 1.000 kilometer.
 
Turun ke desa ini, Gubernur Kalsel beserta 306 rider dan 148 mobil yang mengangkut logistik, termasuk logistik untuk bantuan bagi masyarakat di titik-titik yang ditentukan.
 
Ia mengatakan lebih dari 700 peserta mengikuti program turun ke desa yang bertema "Menembus Batas ke-10, Bergerak dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas, Gerakan Cinta Banua.
 
Berbagai kegiatan sosial maupun kemanusiaan, penghijauan dan lainnya dilaksanakan sebagaimana tahun sebelumnya, karena Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut menyatakan ingin langsung melihat kondisi masyarakat di desa-desa, khususnya desa terpencil.
 
"Kepada semua pasukan, dijaga keamanan dan keselamatan, itu yang utama. Tidak ada yang balap-balapan, semua kita usahakan terukur dan mudah-mudahan kita mendapatkan keselamatan dalam perjalanan yang kurang lebih akan dilaksanakan selama enam hari ini," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kalsel gali informasi konsep "desa cerdas" di Jabar

Baca juga: Desa Kampung Baru wakili Kalsel pada Kampung Keluarga Nasional 2024
 
Sementara itu, Ketua Koordinator turun ke desa menembus batas ke-10 Fathimatuzzahra menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan ini akan berhenti di 16 titik di 12 kabupaten/kota di Kalsel.
 
Fathimatuzzahra menyampaikan Paman Birin mengharapkan kegiatan ini bisa langsung diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di semua titik pemberhentian.

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024