Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) memvaksin 64 hewan penyebar rabies (HPR) di Kantor RW 05 Kelurahan Johar, Jalan Johar Baru IVA, Jakarta Pusat.
 
"Yang sudah di Kecamatan Tanah Abang, Menteng dan Senen. Hari ini, perdana di Johar Baru ada 64 hewan yang divaksin," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Herawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Hera menyebut, total sebanyak 64 HPR peliharaan warga divaksinasi rabies dalam kegiatan pertama di Kecamatan Johar Baru dan gratis. 
 

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) melakukan vaksinasi ke 64 hewan penyebar rabies (HPR) di Kantor RW 05 Kelurahan Johar, Jalan Johar Baru IVA, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). ANTARA/Ho-Pemerintah Kota Jakarta Pusat

Selain itu, Hera menjelaskan, dari total sebanyak 64 HPR yang divaksinasi rabies, sebanyak 53 di antaranya jenis hewan kucing, sisanya sebanyak 11 ekor anjing.

Baca juga: Jakarta terus berupaya tetap bebas rabies
 
"Selama 2024 sampai hari ini total sudah sebanyak 1.618 ekor HPR yang divaksinasi. Terdiri 1.286 ekor kucing, 313 ekor anjing, 11 ekor musang dan delapan ekor kera," ujar Hera.
 
Sementara itu, pengurus RW 05 Kelurahan Johar Baru, Kodir mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang digelar gratis bagi warga.

Menurut Kodir, kegiatan vaksinasi akan menjaga lingkungan, khususnya di RW 05 Kelurahan Johar Baru tetap terbebas dari rabies.

"Terima kasih bagi KPKP yang sudah melaksanakan vaksinasi di wilayah kami. Semoga permukiman kami tetap bebas dari rabies," ucap Kodir.

Baca juga: Pemprov DKI siapkan strategi jangkau seluruh hewan penular rabies

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024