Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta Kepolisian RI untuk mendukung dan menyukseskan Pilkada serentak pada November 2024, serta dapat menjaga stabilitas dalam pesta demokrasi tersebut.

Dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Senin, Presiden Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara meminta dukungan Polri agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur dan adil.

"Sebentar lagi kita memasuki tahapan Pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan, jaga netralitas, jaga stabilitas dan jaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, jujur dan adil," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat upacara.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat Hari Bhayangkara kepada seluruh keluarga besar Polri atas pengabdian dan kerja keras dalam menjaga stabilitas dan keamanan.

Kepala Negara mengapresiasi proses demokrasi pada Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan dapat terlaksana berkat Polri di tengah tantangan ketidakpastian global.

"Proses demokrasi Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan sehingga bangsa kita mampu tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global," kata Presiden Jokowi.

Pada rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, Presiden Jokowi terlihat menaiki kendaraan taktis saat meninjau ratusan pasukan yang menjadi anggota upacara di Lapangan Monas.

Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas biru malam dilengkapi peci warna senada, juga menyaksikan defile, seperti aksi terjun payung dan penampilan drum corps Akademi Kepolisian.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden ke-10 Jusuf Kalla dan istri, serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dalam HUT Ke-78 Bhayangkara ini, Polri mengangkat tema utama "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Puncak HUT Ke-78 Bhayangkara ini, selain dilaksanakan upacara peringatan juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis ibu kota, serta aneka jajanan kuliner yang gratis untuk masyarakat.
Baca juga: Presiden Jokowi minta Polri tidak tebang pilih dalam penegakan hukum
Baca juga: Presiden pimpin upacara HUT Ke-78 Polri di Monas
Baca juga: Presiden pimpin upacara HUT Ke-78 Polri di Monas

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024