Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate puji pemainnya, Jude Bellingham setinggi langit usai cetak gol spektakuler penyeimbang kedudukan lawan Slowakia.

The Three Lions secara dramatis melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2024 setelah menyingkirkan Slowakia dengan skor 2-1 dalam laga babak 16 besar di Veltins Arena, Gelsenkirchen, yang berakhir pada Senin dini hari WIB.

"Jude berusia 21 tahun dan dia melakukan tugasnya dengan sangat baik. Dia memiliki dampak yang luar biasa pada klub dan tim nasionalnya, tetapi dia masih muda," ujar Gareth Southgate dikutip dari laman Euro 2024, Senin.

Bellingham yang menerima umpan dari Ivan Toney mencetak gol lewat tendangan salto yang indah di dalam kotak penalti untuk menyamakan kedudukan jelang 30 detik akhir pertandingan di babak kedua.

Baca juga: Gareth Southgate cukup puas dengan penampilan timnas Inggris

"Karakter dan kepribadian Jude akan menciptakan momen yang memenangkan pertandingan dan dia melakukannya lagi untuk kami hari ini. Dia anak yang hebat dan dia hebat untuk diajak bekerja sama," kata Southgate.

Meski menjadi salah satu pahlawan Inggris, Jude Bellingham mengevaluasi timnya yang tampil mendominasi permainan tapi masih belum terlalu tampil klinis untuk mencetak gol.

"Selain gol mereka, kami cukup bagus saya pikir, kami masuk ke area yang bagus. Kami bisa lebih klinis seharusnya, tetapi hal utama yang kami tunjukkan adalah banyak karakter," ujar Jude yang kini membela klub Real Madrid tersebut.

Dengan kemenangan atas Slowakia di babak 16 besar, Inggris kini tengah ditunggu oleh Swiss di babak delapan besar. Laga antara Inggris menghadapi Swiss akan berlangsung di Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Jerman (6/7).

Baca juga: Southgate: Timnas Inggris tidak hanya andalkan Bellingham di Euro 2024
Baca juga: Inggris secara dramatis ke perempat final usai kalahkan Slowakia 2-1

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024