Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) bertekad menuntaskan pekerjaan peningkatan kapasitas sembilan saluran di daerah ini pada akhir Juli 2024.
 
Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Mustajab di Jakarta, Senin, mengatakan, pekerjaan ini menindaklanjuti usulan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023, sedangkan pengerjaan saluran ini dimulai sejak Mei lalu.
 
"Kita kerjakan usulan itu secara bertahap sesuai dengan kondisi lapangan. Tahap pertama ini kita laksanakan di sembilan lokasi," katanya.
 
Mustajab menyebut, sembilan saluran yang diperbaiki ini tersebar di tiga kecamatan, antara lain di Jalan Kramat Pulo Kelurahan Kramat, Jalan Melati Senen, Jalan Salemba Bluntas Paseban, Jalan Kalibaru Timur Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen. Lalu, Jalan Kartini 4 Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar.
 
Selanjutnya, di Jalan Cempaka Putih Barat 2, Cempaka Putih Barat IX Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Kelurahan Jalan Cempaka Putih Timur 1, Kecamatan Cempaka Putih, kemudian saluran di Jalan Pramuka Sari I, Kelurahan Rawasari.

Baca juga: Jaksel bangun saluran air di sembilan lokasi untuk cegah banjir
 
Peningkatan saluran ini, kata Mustajab, dilakukan dengan mengganti material turap dari batu kali dengan beton cor "U-ditch" ukuran 60 hingga 80 sentimeter sesuai kedalaman saluran pada tiap lokasi.

"Secara keseluruhan progres sekitar 80 persen. Target kita akhir Juli ini sudah rampung," ujar Mustajab.

Mustajab belum merinci berapa anggaran untuk pekerjaan itu, termasuk sumbernya dari mana.
 
Salah seorang warga RT 06/04 Kelurahan Kartini, Iwan mengapresiasi pengerjaan peningkatan saluran di kawasan permukiman itu.

Iwan berharap, pekerjaan bisa segera rampung.

Baca juga: Jaktim bangun saluran air untuk atasi banjir di Pasar Rebo
 
"Mudah-mudahan setelah dipasang beton U-ditch, aliran air jadi lebih baik dan tidak memicu genangan," kata Iwan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024