Semarang (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menyumbangkan setidaknya enam medali emas pada penyelenggaraan Asean University Games (AUG) 2024.

Rektor Unnes Prof. S. Martono, di Semarang, Senin, menyampaikan apresiasi kepada para atlet Unnes yang telah berjuang keras dan mempersembahkan medali untuk Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa Unnes mengirimkan 14 mahasiswa untuk memperkuat delegasi Indonesia pada ajang AUG 2024 yang berlangsung di Surabaya-Malang, Jawa Timur, 25 Juni-6 Juli mendatang.

Unnes menjadi perguruan tinggi di Jawa Tengah yang paling banyak mengirimkan atletnya pada pesta olahraga antarmahasiswa se-kawasan Asia Tenggara itu.

Baca juga: Sebanyak 392 atlet mahasiswa Indonesia ikuti AUG 2024 di Jawa Timur

Hingga Minggu (30/6), tercatat sebanyak enam medali emas telah dipersembahkan mahasiswa Unnes, yakni Della Ayu Nobira (FIK) dan Desy Noervita Rahayu (FISIP) dengan satu emas dari cabang bridge.

Kemudian, lima emas dari cabang wushu, yakni Tharisa Dea Florentiana (FIK)(52 kg putri), Thania Kusumaningtyas (FIK)(60 kg putri),Bayu Raka Putra (FIK)(65 kg putra),Bintang Reindra Nada Guitara (FIK) (60 kg putra), dan Laksmana Pandu Pratama (FIK)(56 kg putra).

Selain enam medali emas tersebut, dua mahasiswa Unnes yaitu Septa Ami Maulana (FIK) dan Alfian Ardiyansyah (FIK) juga mempersembahkan medali perunggu melalui cabang olahraga handball.

AUG merupakan turnamen internasional dua tahunan yang diikuti oleh anggota ASEAN University Sports Council (AUSC) yakni Thailand, Myanmar, Singapura, Fiipina, Malaysiam Kamboka, Laos, Vietnam, Brunei, Timor Leste, dan Indonesia.

"Prestasi ini merupakan sebuah bukti dari potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh mahasiswa Unnea. Kami bangga dengan pencapaian mereka yang tidak hanya menunjukkan keberhasilan dalam arena olahraga, tetapi juga memperlihatkan sportivitas serta semangat juang yang tinggi," kata Martono.

Baca juga: Kontingen wushu Indonesia raih tiga medali emas di AUG 2024

Keberhasilan yang diraih itu, kata dia, tidak hanya mencerminkan keunggulan atlet-atlet Unnes dalam persaingan internasional, tetapi sebuah bukti dari kerja keras, dedikasi, serta persiapan matang yang dilakukan oleh tim dan dengan dukungan kuat dari seluruh civitas akademika.

Masih ada dua cabang olahraga lagi yang akan diikuti oleh atlet Unnes, yaitu sepak takraw dan atletik yang rencananya akan diselenggarakan pada 1-6 Juli 2024.

Martono mengharapkan kedua cabang olahraga tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal dan menambah medali untuk Indonesia.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024