Mataram (ANTARA) - Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan KKN Internasional di Yayasan Darul Muslim Mayo Fattani, Thailand.

Wakil Rektor IAIH Pancor Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdul Hayyi Akrom melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Senin, mengatakan sangat bersyukur dengan kelancaran permulaan proses KKN Internasional IAIH Pancor 2024 ini.

"Pelaksanaan KKN Internasional ini adalah bagian dari syiar dan sosialisasi IAIH Pancor pada masyarakat di Kawasan Asia Tenggara," katanya

Ia mengatakan KKN Internasional ini juga dihajatkan untuk memberikan cakrawala baru dan wawasan luas secara langsung kepada mahasiswa-mahasiswi IAIH Pancor terhadap dunia luar.

Baca juga: IAIH NW Lombok Timur jalin kerjasama dengan Universitas Malaysia

Baca juga: Mahasiswa IAIH NW Lombok Timur magang di ANTARA Biro NTB


Sehingga mahasiswa-mahasiswi IAIH Pancor mendapatkan gambaran dan pengalaman langsung terhadap dunia luar.

"Program internasional ini difokuskan pada kegiatan pendidikan dan gerakan lingkungan," katanya.

Dr Hayyi Akrom, mengatakan IAIH Pancor sebagai kampus Islam swasta pertama di Nusa Tenggara Barat akan terus berusaha memaksimalkan perannya dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi pada semua lapisan masyarakat.

"Termasuk menempatkan mahasiswa-mahasiswi sebagai bagian dari aktor utama pelaksanaan tridarma perguruan tinggi pada lingkup masyarakat yang lebih luas," katanya.

Ia mengatakan, IAIH Pancor akan berusaha untuk aktif mengenalkan dan mengampanyekan Indonesia kepada dunia sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan di masa-masa mendatang

"IAIH Pancor akan hadir di berbagai tempat dan peran yang dipandang mampu memberi kontribusi bagi perjalanan bangsa," katanya.

Sementara itu, pimpinan pondok Yayasan Darul Muslim Mayo Thailand, Dr. KH. Husain Seng Malee mengatakan relasi dan komunikasi jajaran pimpinan IAIH Pancor sudah terjalin baik dengan pimpinan pondok yang merupakan alumni Karachi University Pakistan.

Karena itu, Yayasan Darul Muslim Mayo Thailand menyampaikan terima kasih atas kepercayaan IAIH Pancor menjadikannya sebagai pusat KKN Internasional 2024.

"Jalinan silaturahim antara IAIH Pancor dengan Pesantren Yayasan Darul Muslim Thailand tetap tersambung," katanya.

Kehadiran mahasiswa IAIH Pancor di pesantrennya adalah kehormatan dan kepercayaan bagi Yayasan Darul Muslim yang dipimpinnya. Semoga IAIH Pancor akan terus bisa bersilaturahim dengan Yayasan Darul Muslim Mayo Thailand dan pihak-pihak lain di berbagai negara harap tokoh agama Mayo Thailand itu.*

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024