Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa dipercaya untuk meraih penghargaan Asia Responsible Enterpirse Awards ini.....
Palembang (ANTARA) - PT Pusri Palembang,  anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA)  2024 dari Asia Enterprise karena keberhasilannya  meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan.

VP Humas Pusri Rustam Effendi di Palembang, Senin, mengatakan dirinya mewakili manajemen Pusri menerima penghargaan tersebut di Vietnam, Jumat (28/6). Untuk kedua kalinya Pusri berhasil memperoleh penghargaan AREA pada kategori Social Empowerment melalui Program Sehat Sejahtera Pulau Kemaro (SESERA).

Penghargaan ini juga merupakan penghargaan internasional pertama dalam bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berhasil diraih Pusri.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa dipercaya untuk meraih penghargaan Asia Responsible Enterpirse Awards ini, karena penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh insan Pusri untuk bersama berkomitmen dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan," katanya.

Baca juga: Pusri luncurkan program 'Return & Cashback' pembelian pupuk

Dalam meningkatkan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, khususnya di Pulau Kemaro, Pusri memberikan pendampingan dan pengembangan kompetensi melalui Program SESERA. Berbagai program yang termasuk dalam Program SESERA adalah Keramba Jaring Apung (KJA), Pertanian Terpadu Zero Waste, Pengolahan Air Minum SESERA dan kegiatan lainnya.

Melalui program ini, Pusri juga mengimplementasikan SDGs poin (1) Tanpa Kemiskinan, (2) Tanpa Kelaparan, (3) Sehat dan Sejahtera, (5) Kesetaraan Gender, (7) Energi Bersih dan Terbarukan, (8) Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, (10) Mengurangi Ketimpangan, (13) Penanganan Perubahan Iklim, (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, serta berdasar pada prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

"Asia Enterprise selaku penyelenggara AREA Award menilai bahwa program SESERA telah berkontribusi pada peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Pulau Kemaro. Pusri terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan program SESERA sebagai salah satu program unggulan TJSL," kata Rustam.

Baca juga: Pusri sebut alokasi pupuk subsidi meningkat dua kali lipat

AREA merupakan salah satu program dari Enterprise Asia atau sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja dengan pemerintah, LSM dan organisasi lain, dengan tujuan dari program ini yaitu untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Selain itu juga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktek bisnis yang berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam 7 kategori (Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership and Responsible Business Leadership).
 

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024