New York, (ANTARA/PRNewswire)- Tuya Smart (NYSE: TUYA, HKEX: 2391), penyedia layanan platform komputasi awan global, berkolaborasi dengan V2 Indonesia, penyedia solusi terkemuka di Indonesia. Lewat kolaborasi ini, Tuya dan V2 Indonesia akan terus mengintegrasikan berbagai teknologi canggih, termasuk AI, dengan smart home.

Kolaborasi ini diresmikan di Tuya Global Developer Summit 2024. Lewat kolaborasi ini, Tuya Smart dan V2 Indonesia mendukung berbagai klien untuk menangkap peluang masif di pasar smart home yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

V2 Indonesia adalah perusahaan inovatif yang menggabungkan teknologi otomatisasi dan realitas digital guna mentransformasi beragam industri. V2 Indonesia menyediakan berbagai layanan di semua sektor, mulai dari perusahaan swasta hingga badan pemerintah. Dengan platform perangkat lunak canggih, V2 Indonesia siap menghadirkan revolusi teknologi dalam setiap aspek kehidupan sekaligus menjalin kolaborasi yang erat dengan pemimpin industri masa depan.

Indonesia, dihuni 274 juta jiwa dan 58% di antaranya merupakan penduduk berusia muda, merupakan salah satu pasar dengan jumlah generasi muda terbanyak di dunia. Penduduk muda biasanya lebih terbuka menerima produk inovatif, seperti alat elektronik pintar. Hal ini turut didukung permintaan smart home dan produk terkait di pasar Indonesia. Menurut laporan terbaru, pasar smart home di Indonesia tengah berkembang pesat, bahkan proyeksi laju pertumbuhan tahun majemuk mencapai lebih dari 20% dalam tiga tahun mendatang. 

Untuk menangkap peluang di pasar yang berkembang pesat ini, V2 Indonesia mengeksplorasi sektor smart home. V2 Indonesia juga ingin meningkatkan keahlian teknologi guna memfasilitasi produk smart home yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Lewat eksplorasi jangka panjang, V2 Indonesia menyadari bahwa integrasi teknologi pintar seperti AI dan IoT memiliki potensi bisnis yang masif di industri smart home. Lebih lagi, teknologi mutakhir ini mampu mempermudah alur kerja, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan menghemat biaya operasional. Maka, V2 Indonesia berkolaborasi dengan Tuya Smart, platform pengembangan komputasi awan yang terbaik di dunia, untuk membangun ekosistem smart home unggulan. Lewat kolaborasi ini, klien dan konsumen memperoleh pengalaman smart home yang semakin mudah, cerdas, dan personal.

Dengan Smart House & Real Estate SaaS dari Tuya, V2 Indonesia mengembangkan solusi teknologi pintar yang lengkap dan praktis. Solusi ini sangat menghemat waktu dan biaya sehingga klien dapat meluncurkan dan mempromosikan produk secara cepat dan efisien.

Pada level perangkat keras, V2 Indonesia memanfaatkan ekosistem perangkat pintar Tuya yang komprehensif guna memperluas lini produknya. Memenuhi berbagai jenis kebutuhan klien, V2 Indonesia mudah menciptakan skenario penggunaan teknologi pintar di rumah lewat kombinasi yang fleksibel. Dengan demikian, V2 Indonesia mewujudkan kehidupan yang lebih nyaman dan personal di rumah.

Pada level perangkat lunak, layanan OEM SaaS dari Tuya menjadi sarana konektivitas yang lengkap bagi V2 Indonesia. Sarana ini meliputi sistem kendali produk, fitur desain intelligent scene, batch delivery tool yang efisien, basis aktivitas operasional dan pemeliharaan, diagnosis kerusakan secara daring, serta layanan order yang lebih ringkas. Secara efektif, seluruh sarana ini mempercepat implementasi proyek V2 Indonesia sekaligus mempercepat pemutakhiran smart home yang dilakukan klien.

Berkat teknologi GenAI Tuya, asisten virtual V2 Indonesia, ViVi, berdialog dan berinteraksi dengan pengguna. Lewat perintah suara, pengguna pun mudah mengoperasikan produk pintar di rumah sehingga meningkatkan kenyamanan di rumah.

Rudi Hidayat, CEO, V2 Indonesia, berkata, "Sebagai penyedia solusi inovatif di Indonesia, V2 Indonesia terus mengembangkan teknologi pintar di rumah secara lengkap. Lewat kolaborasi dengan Tuya, kami mengintegrasikan teknologi canggih dalam skenario di dunia nyata, serta melansir solusi smart home yang penuh terobosan di pasar Indonesia. Ke depan, V2 Indonesia ingin memperluas kolaborasi dengan Tuya lewat teknologi AI untuk membangun ekosistem smart home baru, serta bekerja sama memperkaya gaya hidup dengan teknologi pintar bagi semua orang."

Gloria Huang, Vice President, Operations,Tuya Smart, berkata, "V2 Indonesia memiliki jangkauan pasar yang baik dan basis pelanggan yang luas di Indonesia. Maka, kolaborasi dengan V2 Indonesia menjadi peluang untuk memperkenalkan solusi dan produk inovatif kami di pasar Indonesia demi mengeksplorasi prospek bisnis baru. Dengan berkolaborasi, kami akan terus mempelajari kebutuhan konsumen Indonesia, menyempurnakan produk dan solusi kami, serta memperluas kegiatan bisnis teknologi pintar di negara ini sekaligus menangkap peluang pasar."

Kolaborasi antara Tuya dan V2 Indonesia tak hanya menjadi standar baru di industri teknologi pintar dan pasar smart home di Indonesia. Kolaborasi juga mendorong perkembangan industri dengan mengandalkan keahlian teknologi dan penguasaan pasar kedua pihak tersebut. Ke depan, Tuya selalu berkomitmen berkolaborasi dengan V2 Indonesia untuk menghadirkan inovasi, merancang solusi baru dan produk smart home. Dengan demikian, Tuya mewujudkan pengalaman yang semakin cerdas di rumah bagi konsumen Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024