Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) menyiapkan sebanyak 165 personel petugas kebersihan untuk mendukung perayaan Hari Bhayangkara ke-78 dan Pesta Rakyat yang diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Senin.
 
Kepala Suku Dinas LH Jakarta Pusat, Slamet Riyadi mengatakan seratusan petugas itu merupakan gabungan dari delapan satuan pelaksana (Satpel) LH se-Jakarta Pusat yang disiagakan sejak pagi hingga malam nanti.
 
"Penyiapan petugas ini bagian dari dukungan kami dalam kegiatan. Selama pelaksanaan kegiatan petugas akan kami siagakan dulu," kata Slamet.
 
Selain itu, pihaknya juga menyiapkan kendaraan pengangkut dan street sweeper untuk melakukan pembersihan. Dari total 165 petugas, sebanyak 60 personel di antaranya dari Satgas Kebersihan LH Kecamatan Gambir.

"Sisanya sebanyak 105 petugas berasal dari Satgas Kebersihan LH tujuh kecamatan lain di Jakarta Pusat," ujar Slamet.

Baca juga: Polisi siapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat di Monas
 
Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) LH Kecamatan Gambir Mumu Mulyana menjelaskan, selama kegiatan berlangsung petugas hanya disiagakan dan melakukan pemungutan sampah saja. Petugas baru akan melakukan aksi pembersihan besar-besaran setelah kegiatan rampung.
 
"Perkiraan kami acara baru rampung pukul 23.00 malam nanti. Setelahnya hingga dini hari baru akan dilakukan pembersihan," kata Mumu.
 
Adapun pihak kepolisian mengerahkan sebanyak 2.959 personel gabungan untuk mengamankan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/7) besok.
 
"Untuk pengamanan selama Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas besok ada 2.959 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat dihubungi di Jakarta, Minggu (30/6).
 
Personel gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik Kawasan Monas.

Baca juga: Polisi kerahkan 2.959 personel amankan Pesta Rakyat di Monas besok

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024