Mataram (ANTARA) – Bea Cukai, sebagai instansi yang mengemban fungsi sebagai trade facilitator, turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang balap Motorcross Grand Prix (MXGP) tahun 2024 yang digelar di eks Bandara Selaparang, Mataram. MXGP Seri 11 sukses digelar pada Sabtu (29/06) dan Minggu (30/06). 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram, Adi Cahyanto, mengungkapkan bahwa Bea Cukai Mataram telah melaksanakan pengawasan dan pelayanan terhadap logistik yang digunakan dalam mendukung penyelenggaraan ajang balap tersebut, pada Kamis (27/06).

“Pemasukan logistik MXGP menggunakan skema impor sementara menggunakan dokumen ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet),” ujar Adi.

Adi menjelaskan ATA Carnet adalah salah satu fasilitas kepabeanan yang memungkinkan barang yang ditujukan untuk pameran, kegiatan olahraga, atau acara komersial untuk masuk ke dalam suatu negara tanpa perlu membayar bea masuk dan pajak selama barang tersebut akan re-ekspor dalam jangka waktu tertentu.

“Peran Bea Cukai Mataram dalam penyelenggaraan event ini adalah melakukan pemeriksaan fisik terhadap logistik MXGP. Terdapat 28 dokumen ATA Carnet yang dilakukan pemeriksaan oleh Bea Cukai Mataram,” jelas Adi.

Adi juga menyampaikan bahwa pemanfaatan ATA Carnet dapat mengurangi hambatan birokrasi dan mempercepat proses pemeriksaan, sehingga memungkinkan penyelenggara dan peserta dari berbagai negara untuk fokus pada kegiatan mereka tanpa khawatir akan proses impor barang yang rumit. 

“Melalui layanan yang diberikan oleh Bea Cukai tersebut diharapkan dapat memperlancar arus logistik serta turut menyukseskan penyelenggaraan event internasional ini,” pungkas Adi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024