Melonjaknya jumlah penumpang ini disebabkan oleh keberangkatan rombongan calon jemaah haji kloter pertama yang dimulai pada 12 Mei 2024 di bandara-bandara yang ditunjuk untuk melayani penerbangan embarkasi haji
Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penumpang pada angkutan udara internasional dan kereta api pada Mei 2024 meningkat, baik secara bulanan maupun tahunan.

Plt. Sekretaris Utama BPS Iman Machdi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, menyebut kenaikan tertinggi terjadi pada angkutan udara internasional dengan kenaikan 7,12 persen secara bulanan dan 27,14 persen secara tahunan.

“Melonjaknya jumlah penumpang ini disebabkan oleh keberangkatan rombongan calon jemaah haji kloter pertama yang dimulai pada 12 Mei 2024 di bandara-bandara yang ditunjuk untuk melayani penerbangan embarkasi haji,” katanya.

Di sisi lain, jumlah penumpang pada angkutan udara domestik justru turun 9,26 persen secara bulanan dan 6,74 persen secara tahunan.

Penurunan jumlah penumpang juga terjadi pada angkutan laut domestik yang turun hingga 17,82 persen dibandingkan bulan lalu.

Sedangkan untuk angkutan barang, terjadi peningkatan pada seluruh moda transportasi pada Mei 2024.

Peningkatan tertinggi terjadi pada moda kereta api dengan kenaikan 9,81 persen secara bulanan dan 19,29 persen secara tahunan.

Angkutan barang dengan moda angkutan laut domestik juga mengalami peningkatan sebesar 9,79 persen secara bulanan, yang disebabkan oleh kembalinya jadwal dan rute angkutan barang setelah adanya pembatasan pada momen libur Lebaran.

“Peningkatan juga terjadi secara tahunan pada seluruh moda angkutan barang,” kata Imam.

Baca juga: Indonesia catatkan kunjungan wisman tertinggi sejak pandemi COVID-19
Baca juga: BPS: Ekonomi RI alami deflasi 0,08 persen pada Juni 2024Baca juga: BPS catat penduduk miskin turun jadi 9,03 persen pada Maret 2024


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024