Jakarta (ANTARA) - Pengalaman pengguna kamera ponsel bersistem operasi Android bertambah lagi dengan masuknya aplikasi "Blackmagic Camera" yang lebih dulu populer di iPhone.

Blackmagic Design, yang dikenal dengan pengembangan perangkat lunak (software) untuk editor video "DaVinci Resolve", telah merilis aplikasi Blackmagic Camera gratis untuk ponsel bersistem operasi Android, Samsung Galaxy dan Google Pixel, membawa pengalaman seperti menggunakan kamera film digital profesional ke penggunanya.

"Kami sangat senang dapat memberikan pelanggan dengan Samsung Galaxy atau Google Pixel kontrol yang sama untuk syuting film digital sebagai kamera profesional kami. Ditambah, alur kerja Blackmagic Cloud memungkinkan pelanggan merekam ke 'Blackmagic Cloud Storage' dan secara otomatis menyinkronkan dengan 'DaVinci Resolve'. Sangat menarik untuk dapat memberi lebih banyak pelanggan kemampuan untuk mendapatkan rekaman mereka ke 'ruang redaksi' atau mengirim ke 'studio produksi' dalam hitungan detik," kata CEO Blackmagic Design Grant Petty menurut techradar, dilansir di Jakarta, Senin.

Baca juga: Google batasi penggunaan kamera aplikasi pihak ketiga di Android 11

Baca juga: Aplikasi kamera Android punya celah keamanan


Aplikasi itu menawarkan kontrol yang mudah digunakan untuk mengatur "laju bingkai" (frame rate), "sudut rana" (shutter angle), "keseimbangan warna" (white balance), dan penyesuaian tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya sesuai Organisasi Standardisasi Internasional (ISO).

Pengguna dapat memodifikasi pengaturan dengan satu ketukan dan merekam langsung ke "penyimpanan awan Blackmagic" (Blackmagic Cloud) dalam format hingga "8K".

Fitur "penampil atas-jemala" (head-up display) aplikasi itu bisa menunjukkan pengaturan kamera penting dan status operasional, membuat penyesuaian cepat dan mudah, dan mendukung berbagai resolusi video dan format rekaman, termasuk H.264 dan H.265, dengan konfigurasi audio profesional.

Blackmagic Camera juga menyediakan opsi konfigurasi lanjutan untuk pemantauan video, kontrol audio, dan pengaturan kamera. Ini mengintegrasikan alat seperti pola zebra untuk pemeriksaan eksposur, bantuan fokus, dan panduan bingkai.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur dan meninjau klip secara efisien, langsung dalam aplikasi dan sinkronisasi dengan Blackmagic Cloud untuk akses langsung ke proyek-proyek di "DaVinci Resolve".

Baca juga: Samsung Galaxy S23 dapatkan mode zoom 2x di aplikasi kamera

Baca juga: Facebook kembangkan aplikasi kamera mirip Snapchat

Baca juga: YouTube akan mungkinkan pengguna streaming dari aplikasi kamera


Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024