Jakarta (ANTARA) - Venezuela akan menghadapi Kanada pada babak perempat final Copa America 2024 setelah mengalahkan Jamaika dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Q2 Stadium Austin Texas, Senin WIB, sekaligus memastikan posisi puncak di Grup B.

Venezuela sebelumnya telah memastikan tempat di delapan besar dengan kemenangan atas Ekuador dan Meksiko. Mereka hanya membutuhkan satu poin saat melawan Jamaika untuk memastikan posisi teratas fase grup dan menghindari juara bertahan Argentina di babak delapan besar.

Gol pertama Venezuela dicetak oleh Eduard Bello dengan sundulan kuat yang mengarah ke bawah pada menit ke-49, membawa tim Amerika Selatan tersebut unggul. Penyerang veteran Salomon Rondon kemudian menggandakan keunggulan Venezuela pada menit ke-56, memanfaatkan umpan terobosan dari Yangel Herrera dan menyarangkan bola ke gawang melewati kiper Jamaika, Jahmali Waite.

Eric Ramirez menambah gol ketiga pada menit ke-85 melalui serangan balik yang cepat setelah menerima umpan dari Kervin Andrade.

Baca juga: Kanada melaju ke perempat final meski ditahan imbang Chile 0-0

Dengan kemenangan ini, Venezuela sekaligus mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam fase grup seperti yang juga dilakukan oleh Argentina dengan tiga kemenangan dari tiga laga. Upaya tersebut sekaligus memastikan Jamaika yang sudah dipastikan tersingkir dari kompetisi tak pernah meraih kemenangan di kompetisi ini.

Venezuela akan bersanding dengan Ekuador yang menjadi runner-up Grup B setelah menahan imbang Meksiko 0-0 dalam pertandingan lainnya. Ekuador dan Meksiko sama-sama mengumpulkan empat poin, namun Ekuador lebih berhak melaju ke babak delapan besar karena unggul selisih gol dari Meksiko.

Venezuela akan berhadapan dengan runner-up Grup A Kanada pada pertandingan yang dijadwalkan pada Sabtu (6/7) di Arlington Texas, untuk memperebutkan tiket semi final.

Baca juga: Argentina juarai Grup A setelah tekuk Peru dengan skor 2-0

Baca juga: Klasemen Grup A: Argentina dan Kanada melaju ke perempat final

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024