BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Pontianak, Palangka Raya, dan Samarinda
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi hujan ringan pada Senin awal Juli 2024 ini.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta Senin menyebutkan, ibu kota provinsi di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari ini yakni Denpasar, Serang, Gorontalo, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Makassar, dan Medan.

Sementara Kota Kendari diprediksi hujan dengan intensitas sedang pada siang hari ini, dan Kota Medan pada malam hari nanti.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Pontianak, Palangka Raya, dan Samarinda.

Sedangkan Kota Jakarta Pusat, Semarang, Pangkal Pinang, Bandarlampung, Ternate, Kupang, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Manado, Padang, dan Palembang diprakirakan berawan, serta Kota Samarinda berawan tebal pada siang hari ini.

Kota Surabaya diprediksi cerah dengan suhu 25-34 derajat Celcius, sedangkan Banda Aceh, Bengkulu, dan Yogyakarta diprakirakan cerah berawan.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan musim kemarau mulai melanda Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Maluku, Papua, dan Papua Selatan mulai periode 28 Juni hingga 4 Juli 2024.

Prakirawan BMKG Yuni Maharani dalam laporannya melalui Instagram BMKG di Jakarta, Sabtu (29/6), menginformasikan, delapan provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia itu menambah jumlah kawasan yang telah beralih ke musim kemarau.

"Adapun daerah lain yang telah memasuki musim kemarau antara lain Bali, Nusa Tenggara Barat, dan juga Nusa Tenggara Timur," katanya.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024