Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa yang berkaitan dengan penegakan hukum dan undang-undang terjadi di sepanjang Minggu (30/6).

Dari mulai harapan kepada Polri di hari Bhayangkara ke-78 hingga kesiapan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kembali dipanggil KPK.

Berikut berita pilihan berita yang telah dirangkum ANTARA.

1. DPR harapkan Polri adil dalam melindungi dan mengayomi

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto berharap Polri yang berusia Ke-78 menjadi pelindung dan pengayom yang adil dan bijaksana bagi masyarakat, sesuai slogannya Polri Presisi.

“Semoga Polri selalu presisi, menjadi pelindung dan pengayom yang adil dan bijaksana bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca di sini

2. MPR harapkan Polri maksimal layani masyarakat

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap HUT Ke-78 Bhayangkara menjadi momentum bagi institusi Polri untuk maksimal dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum yang adil.

“Semoga Polri sebagai abdi utama bagi nusa dan bangsa dapat terus mengemban tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan hukum dan memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca di sini

3. Jaksa Agung: Sinergi penegakan hukum bersama Polri semakin kuat

Jakarta (ANTARA) - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengharapkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara menjadi momentum sinergisitas penegakan hukum bersama Polri yang semakin kuat.

Dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, Burhanuddin mengatakan tema HUT Ke-78 Bhayangkara, yakni Polri Presisi Mendukung Percepatan Ekonomi yang Inklusi dan Berkelanjutan Mendukung Indonesia Emas, menjadi momentum bagi Polri dan Kejaksaan terus bersinergi.

“Terus bersinergi dengan penegakan hukum yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi, berkeadilan, serta efektif mendukung percepatan transformasi ekonomi menuju Indonesia Emas 2045,” kata Burhanuddin.

Baca di sini

4. Mendagri: Polri Presisi kedepankan layanan adil dan berkualitas

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap HUT Ke-78 Bhayangkara tahun 2024 semakin menguatkan Polri yang presisi, memberikan pelayanan yang adil dan berkualitas kepada masyarakat.

“Teruslah berinovasi menjadi teladan dengan mengedepankan pelayanan yang adil dan berkualitas,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca di sini

5. Sekjen PDIP Hasto mengaku siap dipanggil kembali KPK

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku siap jika dirinya bakal dipanggil kembali oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan suap penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dengan tersangka Harun Masiku (HM).

"Ya, siap," kata Hasto setelah mengikuti lomba marathon bertajuk 'Soekarno Run' di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu.

Dia pun memastikan bakal mematuhi hukum secara kooperatif dengan KPK jika lembaga antirasuah tersebut masih membutuhkan keterangannya. Menurutnya sikap kooperatif itu sudah ditunjukkan dirinya ketika dipanggil ke Gedung Merah Putih KPK pada beberapa waktu lalu.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024