Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa terkait dengan politik terjadi di sepanjang Minggu (30/6).

Dari mulai tiga menteri presiden Joko Widodo yang akan bertarung di pilkada hingga Andika Perkasa di Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Berikut pilihan berita politik yang telah dirangkum ANTARA.

1. PDIP siapkan tiga menteri Jokowi untuk maju pilkada Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partai politik berlambang banteng tersebut menyiapkan tiga kader yang merupakan menteri dari pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.

Dia mengatakan bahwa tiga nama itu beredar dalam bursa calon pemimpin provinsi metropolitan tersebut. Sebagai partai politik, dia mengatakan PDIP siap mendorong dan memberikan kesempatan sebagai langkah kaderisasi secara sistemik.

Baca di sini

2. Tujuh partai politik berkoalisi di Pilkada Banten

Jakarta (ANTARA) - Tujuh partai politik (parpol) yakni Gerindra, NasDem, PKB, PSI, PKB, PPP dan PKS berkoalisi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Provinsi Banten pada November 2024.

"Calon gubernurnya Andra Soni dengan wakil gubernur Dimyati Natakusumah," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Muzani menegaskan Partai Gerindra membuka pintu jika partai lain hendak mengusung pasangan Andra-Dimyati dalam memenangkan Pilgub Banten 2024.

Baca di sini

3. Ganjar ajak pemuda ikuti Soekarno yang tak bicara kepentingan keluarga

Jakarta (ANTARA) - Mantan calon presiden Ganjar Pranowo mengajak para generasi muda untuk belajar dari tokoh pendiri bangsa yakni Soekarno yang tidak pernah berbicara kepentingan pribadi maupun keluarga dalam proses perjuangan mendirikan maupun memimpin Republik Indonesia.

Menurutnya, yang Bung Karno bicarakan selama mengurus tanah air hanya soal kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, dia mengajak agar semangat api yang dilakukan oleh Bung Karno tetap diwariskan oleh para pemuda, dan jangan justru mewarisi abunya.

Baca di sini

4. Jokowi jenguk Prabowo dan doakan segera pulih pasca-operasi kaki kiri

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menjenguk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mendoakan agar segera pulih pasca-menjalani operasi kaki kiri di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Jakarta.

Momen Presiden menjenguk Prabowo diunggah melalui akun media sosial Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Minggu malam.

Baca di sini

5. PDIP: Andika Perkasa hingga Hendi diusulkan maju di Pilkada Jateng

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebutkan, Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa hingga Hendrar Prihadi (Hendi) diusulkan para kadernya untuk maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng).

"Jawa Tengah itu Pak Andika, selain diusulkan di Pilkada Jakarta. Ada juga Pak Hendi," kata Hasto saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu 29/6) malam.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024