Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto berharap Polri yang berusia Ke-78 menjadi pelindung dan pengayom yang adil dan bijaksana bagi masyarakat, sesuai slogannya Polri Presisi.

“Semoga Polri selalu presisi, menjadi pelindung dan pengayom yang adil dan bijaksana bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca juga: MPR harapkan Polri maksimal layani masyarakat

Menjelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polri dianggap sebagai lembaga penegak hukum bercitra baik berdasarkan survei Litbang Kompas edisi Juni 2024.

Dalam survei itu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat menjadi 73,1 persen. Hasil tersebut terus meningkat dibanding survei Litbang Kompas sebelumnya yakni pada Agustus 2023 sebesar 66 persen dan Desember 2023 yakni 71,6 persen.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho mengatakan kepercayaan publik terhadap Polri meningkat karena transformasi Polri melalui program Presisi (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan) yang digagas oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Alhamdulillah masyarakat semakin percaya terhadap Polri, pada survei oleh Litbang Kompas kemarin sudah dirilis menjelang HUT Bhayangkara naik menjadi 73 persen. Mohon doanya, mudah-mudahan ini menjadi berkah buat kepolisian sebelum ultah kepolisian agar kinerja kepolisian semakin baik lagi,” kata Sandi.

Baca juga: Menko Marves nilai Polri berperan penting wujudkan visi Indonesia Emas

HUT Ke-78 Polri mengangkat tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.

Puncak peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara dilaksanakan di Lapangan Monas, selain upacara resmi dihadiri Presiden dan Wakil Presiden, serta defile, juga pesta rakyat yang menyuguhkan hidangan makanan dan minuman dari 150 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pesta rakyat dimeriahkan pula oleh para artis ibu kota, seperti Ari Lasso, GiGi, RAN, Endah N Rhesa, Isnaya Sarasvati, dan goyang bersama dengan NDX AKA.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brijen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pesta rakyat ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, semakin dicintai serta mempererat persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Panglima TNI: Polri pengayom masyarakat sukseskan pembangunan nasional
Baca juga: Jaksa Agung: Sinergitas penegakan hukum bersama Polri semakin kuat
Baca juga: Panglima TNI: Polri pengayom masyarakat sukseskan pembangunan nasional


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024