Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine memastikan kemenangan tim Merah Putih atas India 4-1 pada laga terakhir penyisihan Grup C BNI Badminton Asia Junior 2024 dan Indonesia memastikan tempat di babak perempat final. 

Pada pertandingan yang dihelat di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu, ganda putri ranking 257 dunia tersebut menang dua gim langsung atas Vennala Kalagotla/Sharavani Walekar 21-15, 21-11.

“Kami sudah cukup baik dari segi permainan, tinggal saat ini ditingkatkan fokus dan tidak boleh bermain dengan tegang. Harus lepas, main di partai terakhir tidak mudah kami harus bisa terus menjaga fokus,” ujar Isyana dikutip dari PBSI.

Meski menang, Isyana/Rinjani mengevaluasi gaya permainan mereka yang masih belum tenang meski sudah mengetahui karakteristik GOR Amongrogo yang banyak embusan angin.

“Kami harus bermain lebih tenang lagi. Tidak boleh mudah hilang fokus, konsistensi permainan kami harus ditingkatkan lagi,” ujar Rinjani.

Dengan hasil ini, tim Indonesia finis sebagai juara Grup C. Pasangan Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia membuka keunggulan skuad Merah Putih seusai menang melawan ganda campuran India Vansh Dev/Sharavani Walekar dengan skor 21-14, 21-16.

Bismo Raya Oktora memperlebar keunggulan tim Indonesia seusai menang melawan tunggal putra India Dhruv Negi dengan skor 21-14, 11-21, 21-11.

Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan memastikan kemenangan tim tuan rumah seusai menang melawan ganda putra India Bhargav Ram Arigela/Viswa Tej Gobburu dengan skor 21-17, 21-15.

Baca juga: Mutiara akui ketangguhan wakil India dua gim langsung

Indonesia sempat kecolongan seusai Mutiara Ayu Puspitasari harus mengakui keunggulan tunggal putri India Navya Kanderi dengan skor identik 19-21, 19-21.

Rencananya babak undian perempat final akan dilakukan Minggu malam. Sebagai juara grup, saat undian Indonesia tidak akan bertemu India kembali. Tetapi akan melawan runner up grup lain yang dihuni Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Jepang.

Dikutip dari PBSI berikut hasil antara Indonesia vs India:

Ganda Campuran: Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia vs Vansh Dev/Sharavani Walekar 21-14, 21-16
Tunggal Putra: Bismo Raya Oktora vs Dhruv Negi 21-14, 11-21, 21-11
Ganda Putra: Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan vs Bhargav Ram Arigela/Viswa Tej Gobburu 21-17, 21-15
Tunggal Putri: Mutiara Ayu Puspitasari vs Navya Kanderi 19-21, 19-21
Ganda Putri: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine vs Vennala Kalagotla/Sharavani Walekar 21-15, 21-11

Baca juga: Anselmus/Pulung bawa tim Merah Putih benamkan India 3-0
Baca juga: Bismo perlebar keunggulan Indonesia atas India di BNI Badminton Asia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024