Bandar Seri Begawan (ANTARA) - PT Pegadaian didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB) berkesempatan untuk membawa UMKM pilihan dalam Kegiatan Indonesia Halal Expo, Consumer Fair yang digelar dari 26 Juni hingga 30 Juni 2024 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. 

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah, resmi membuka Pameran Produk Halal Indonesia atau Indonesia Halal Expo 2024. Berbagai pihak turut mendukung pelaksanaan kegiatan ini, di antaranya Yang Mulia Pengiran Mohammad Amirrizal bin Pengiran Haji Mahmud, yakni Setiausaha Tetap Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam.

Pada acara tersebut berbagai produk dipamerkan, di antaranya makanan dan minuman khas daerah Indonesia, obat-obatan, kosmetik, serta pakaian Muslim karya perancang busana Tanah Air. Selain PT Pegadaian, Asosiasi pengusaha Indonesia di Brunei (Indonesia Business Chamber/IBC) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI) turut berpartisipasi dalam pameran tersebut. Sementara itu, Pegadaian membawa Mitra Binaan Pilihan hasil kurasi Program pemberdayaan UMKM Pegadaian atau yang dikenal dengan program GadePreneur. Produk mitra binaan yang dipamerkan adalah Produk hasil kurasi dari UMKM Fashion dan UMKM Makanan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengungkapkan harapannya agar kegiatan tersebut dapat membuka pintu bagi UMKM untuk memasuki pasar halal global dan baik kelas.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mendukung UMKM naik kelas. Harapannya melalui kegiatan ini, UMKM khususnya UMKM Binaan PT Pegadaian dapat terpacu agar dapat memanfaatkan pasar halal global dalam meningkatkan penjualan dan daya saing merek lokal ke tingkat internasional,” ungkap Damar (30/06)

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini Pegadaian juga berupaya untuk mempromosikan UMKM di Indonesia dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, sehingga, UMKM binaan Pegadaian diharapkan dapat berpartisipasi dan bersaing di pasar Halal Global khususnya di Asia Tenggara, hingga mendunia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024