Tanjungpandan (ANTARA) - Sebanyak 59 haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tiba di Bandara HAS Hanandjoeddin dengan selamat menggunakan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB) Palembang, Minggu  pukul 14.02 WIB.

Jamaah disambut langsung oleh Pj Bupati Belitung, Yuspian beserta jajaran Forkopimda Belitung di Terminal Kedatangan VIP Bandara Hanandjoeddin Belitung.

Penjabat Bupati Belitung, Yuspian di Tanjung Pandan,  mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena sebanyak 59 haji asal daerah itu tiba dengan selamat.

"Pertama kami bersyukur kepulangan jamaah haji Belitung sesuai dengan jadwal dan tidak ada penundaan sedikit pun," katanya.

Ia mengatakan,  59 haji asal Belitung tiba dalam kondisi sehat dan baik, meskipun ada beberapa  yang harus menggunakan kursi roda karena faktor usia dan kesehatan.

"Kalau dilihat dari wajahnya mereka juga berseri-seri karena akan berkumpul kembali dengan keluarga," ujarnya.

Baca juga: 2.249 haji Riau sudah kembali ke tanah air

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Belitung Yuspian juga mengucapkan turut berduka cita dan rasa belasungkawa yang mendalam atas wafatnya satu o haji asal Belitung di tanah suci atas nama H. Abdul Rani Rasyid (74).

"H. Abdul Rani Rasyid (74) tidak bisa pulang bersama-sama kita dan dimakamkan di Makkah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah juga bersyukur karena pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar.

"Tadi kami juga sempat bertanya dengan jamaah di sana dan tidak ada kekurangan apapun baik makan dan fasilitas, semuanya berjalan dengan baik. Cuma yang diinformasikan kepada kami bahwa di sana suhunya sangat luar biasa, sepanjang sejarah haji ini adalah suhu tertinggi yang pernah ada, sehingga jamaah haji yang memang usia di atas 50 tahun mengalami permasalahan yang serius," ujarnya.

Ia mengimbau, jamaah haji untuk memperbanyak istirahat guna memulihkan kondisi kesehatan dan tubuh usai melaksanakan rangkaian panjang ibadah haji di tanah suci.

"Kami imbau untuk memperbanyak istirahat dan tadi juga sudah diberikan kartu kesehatan kepada jamaah untuk mengontrol kondisi kesehatan mereka selama 21 hari ke depan," katanya.

Baca juga: Jamaah haji kloter 8 gabungan tiga daerah tiba di tanah air

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024