Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa perlombaan lari yang digelar sejumlah lembaga dan perusahaan, dapat meningkatkan wisata olahraga di Ibu Kota.

"Agenda seperti ini (LPS Monas Half Marathon 2024) harus terus diadakan," kata Heru di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, perlombaan lari atau agenda lainnya yang diadakan di Jakarta dapat meningkatkan kunjungan wisatawan terutama para pecinta olahraga.

Selain itu, lanjut Heru, banyaknya acara yang digelar di Jakarta tentu diharapkan dapat mempromosikan Jakarta ke seluruh Indonesia dan dunia internasional.

"Acara ini juga upaya mempromosikan Jakarta, UMKM bisa meningkat, hotel-hotel bisa penuh dan seterusnya," katanya. 

Baca juga: Jakarta Utara gelar pekan olahraga sambut HUT ke-497 Jakarta
Baca juga: Sandiaga Uno ajak Pemda kembangkan wisata olahraga


Heru berharap, lomba lari tahun ini yang digelar bertepatan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta berlangsung aman serta nyaman bagi pelari.

Untuk mewujudkan rute yang aman, Pj. Gubernur Heru menyebut pihaknya terus mengevaluasi agar gelaran tahun ini berlangsung lebih baik lagi.

Selain itu, pengamanan rute kata Heru, telah dikoordinasikan sebelumnya bersama jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta.

"Para petugas disiagakan di beberapa titik rawan seperti persimpangan jalan," katanya.

Selain itu, Dinas Perhubungan dan Satpol PP pun terus bersinergi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) guna menyukseskan penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 ini.

Baca juga: Porwaja bantu warga wujudkan budaya olahraga
Baca juga: Kemenparekraf kampanyekan gaya hidup sehat lewat ajang lari ASN


"Pemda DKI akan mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Jadi dari Trantib, Dinas Perhubungan, semua membantu," ujarnya.

Sebanyak 5.000 pelari memeriahkan gelaran acara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Monas Half Marathon 2024.

Pelepasan lomba secara resmi dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan bersama Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan beberapa pejabat lainnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024