berbagai terobosan terus dilakukan
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai Polri telah melakukan sejumlah capaian besar pada 2023-2024.
 
"Capaian besar Polri itu meliputi pengamanan Pemilu 2024, pengamanan mudik Lebaran, hingga sukses dalam pengamanan ajang internasional Word Water Forum (WWF) yang dihadiri banyak kepala negara dunia di Bali," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu. 

Hal itu dikatakan oleh Edi saat menyampaikan capaian kinerja Polri terkait Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara pada Senin, 1 Juli 2024.

Menurutnya, dalam setahun ini, dari Juli 2023 hingga Juli 2024, kinerja dan profesional Polri terus disorot masyarakat dan kemampuan Polri dalam menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban terus diuji.

"Saat ini berbagai terobosan terus dilakukan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat, mulai program menyerap aspirasi masyarakat melalui program Jumat Curhat dan Minggu Kasih, peningkatan pelayanan publik di berbagai bidang dan melakukan bhakti sosial di seluruh Indonesia, " kata Edi.

Baca juga: Polri pecat eks Kapolres Bukitinggi AKBP Dody Prawiranegara
Baca juga: Hakim PN Jakbar vonis Dody penjara 17 tahun

Selain itu, dia juga melihat Polri telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan berkeadilan termasuk memberantas kejahatan lintas negara, judi daring (online), kejahatan siber, perdagangan manusia dan pemberantasan narkoba.

"Semua itu membuat posisi Polri terjaga baik di mata masyarakat. Bahkan hasil penelitian Litbang Kompas pada Juni 2024 menempatkan Polri pada posisi kedua sebagai lembaga yang berhasil menjaga citranya dengan baik dengan angka 73,1 persen setelah institusi TNI," katanya.

Edi juga berharap dengan capain Polri ini tidak membuat Polri berpuas diri tapi justru terus meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya dan semakin dicintai masyarakat.
 
Di sisi lain Edi Hasibuan mengamati bahwa keluhan masyarakat atas pelayanan Polri masih kerap terdengar atau penegakan hukum masih ada yang dikeluhkan.

Lemkapi mengajak seluruh jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerja dan profesional menuju Polri yang Presisi atau prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Baca juga: Tiga oknum polisi terlibat perampokan di Medan terancam dipecat
Baca juga: Empat personel Polrestabes Medan dipecat dengan tidak hormat
 
"Polri pasti bisa. Kita dukung Polri semakin baik menuju Polri yang Presisi," kata pengajar pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta yang saat ini menjadi anggota Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) 2024 ini.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024