Jakarta (ANTARA) - YouTube menghadirkan lebih banyak fitur baru untuk pengguna layanannya yang berbayar atau YouTube Premium mulai dari opsi "Jump Ahead" hingga fitur "Picture-in-Picture" (PiP) tersedia untuk pengguna yang berlangganan.

Dalam unggahan blog YouTube pada Kamis (27/6) yang diunggah oleh Product Mananger YouTube Premium Dave Wu, fitur "Jump Ahead" dikenalkan sebagai cara pengguna untuk langsung menuju ke bagian terbaik dari sebuah video.

Apabila sebelumnya untuk mencari sebuah konten menarik dari video pengguna harus melakukannya secara manual, kini dengan mengoptimalkan kecerdasan artifisial lewat "Jump Ahead" maka pengguna YouTube Premium bisa langsung menemukan konten menariknya.

Baca juga: YouTube negosiasi lisensi lagu dengan label rekaman untuk melatih AI

Fitur ini bisa ditemukan setelah pengguna mengetuk layar dua kali saat memutar video dan setelahnya akan muncul opsi "Jump Ahead".

Saat ini fitur "Jump Ahead" baru tersedia untuk pelanggan di AS yang menggunakan Android, dan untuk beberapa pekan ke depan fitur ini akan hadir untuk pengguna iOS.

Selanjutnya fitur "PiP" kini tak terbatas untuk video berdurasi panjang tapi juga tersedia untuk video Shorts.

Baca juga: Youtube kenalkan Notes untuk tambahkan informasi konteks video

"Pengguna dapat menonton video Shorts favoritnya sambil menjelajahi aplikasi lain atau memeriksa pesan. Ini sempurna untuk tetap terhibur tanpa henti," kata Dave menjelaskan fitur PiP Shorts.

Tak hanya dua fitur baru yang dikenalkan, Dave menambahkan bahwa pengguna YouTube Premium juga kini bisa mencoba fitur-fitur eksperimental terbaru yang sedang dikembangkan YouTube sebelum dirilis secara luas.

Adapun saat ini fitur eksperimental yang tengah tersedia seperti unduhan cerdas untuk YouTube Shorts.

Baca juga: YouTube tes fitur ringkasan live chat, kode QR channel & efek Shorts

Saat pengguna mengaktifkan "smart download" atau unduhan cerdas maka pengguna dengan cepat bisa mengunduh Shorts terbaru dari kreator favorit.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik ialah Conversational AI, fitur ini merupakan alat bantu untuk menjawab pertanyaan seputar konten yang tengah dinikmati oleh pengguna.

AI ini nantinya tidak hanya menjawab pertanyaan, tapi juga bisa menyarankan konten terkait, dan banyak lagi yang dijanjikan semuanya tidak mengganggu pengalaman menyaksikan konten pengguna.

Baca juga: Pembuat konten YouTube kini bisa uji beberapa keluku video

Fitur ini bisa dicoba dengan mengetuk opsi “Ask” di bawah video yang dipilih.

Terakhir, fitur eksperimental baru yang tengah dicoba YouTube ialah halaman menonton yang dirancang ulang.

Desain ulang halaman ini bisa ditemukan untuk pengguna yang menonton YouTube di website dan bukan melalui aplikasi di ponsel atau tabletnya.

Baca juga: Fitur baru YouTube Music memungkinkan pencarian lagu dengan senandung

Baca juga: Fitur multiview YouTube TV kini tersedia di ponsel dan tablet Android

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024