Jakarta (ANTARA) - Swiss melaju ke perempat final setelah menyingkirkan juara bertahan Italia dalam laga pembuka babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 di Stadion Olimpiade, Berlin pada Sabtu malam WIB.
 
Dua gol kemenangan Swiss masing dicetak oleh Remo Freuler di babak pertama dan Ruben Vargas di babak kedua.
 
Kemenangan ini membuat Swiss melaju ke perempat final secara berturut-turut setelah melakukannya di Euro 2020 dengan menyingkirkan Prancis lewat adu penalti.
 
Di perempatan final, Swiss akan berhadapan dengan pemenang dari laga antara Inggris dan Slowakia yang akan berlangsung di Veltins Arena, Gelsenkirchen pada Minggu malam pukul 23.00 WIB.
 
Sementara itu perjalanan Italia harus terhenti di babak 16 besar setelah menjuarai Euro di edisi sebelumnya.

Baca juga: Klasemen akhir Grup A Euro: Jerman dan Swiss lolos, Hungaria menunggu
Baca juga: Italia vs Swiss: Berpotensi diakhiri adu penalti
 
Jalannya pertandingan
 
Swiss menciptakan peluang berbahaya pertama pada menit ke-12 melalui tembakan Dan Ndoye, tetapi arah bola masih melebar di sisi kiri gawang Italia.
 
Gawang Italia kembali mendapatkan ancaman pada menit ke-24. Breel Embolo lolos dari jebakan offside dan tinggal menghadapi Donnarumma, tetapi tembakannya masih bisa ditepis kapten Italia tersebut.
 
Swiss secara mengejutkan terus menekan dan berupaya membongkar pertahanan Italia.
 
Pada menit ke-32, Ricardo Rodriguez mendapat ruang tembak di luar kotak penalti. Sayang sepakannya masih melambung di atas gawang Donnarumma.

Baca juga: Swiss vs Jerman: Adu gengsi demi citra terkuat
 
Usaha Swiss akhirnya membuahkan gol pada menit ke-37. Freuler masuk kotak penalti untuk menyambut umpan silang dari Ruben Vargas. Dia sempat mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Italia, yang gagal dihentikan Donnarumma. Skor menjadi 1-0.
 
Unggul satu gol tidak membuat Swiss puas. Mereka hampir saja mencetak gol kedua andai saja Donnarumma gagal menepis tendangan bebas Fabian Rieder pada menit ke-45. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.
 
Swiss memulai babak kedua dengan brilian. Mereka berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-46.
 
Bermula saat kick-off babak kedua, Swiss berhasil merebut bola dari Italia. Michel Aebischer kemudian memberikan umpan ke Vargas, yang menemukan ruang di depak kotak penalti sebelum melepaskan sepakan melengkung melewati Donnarumma. Swiss 2-0 Italia.
 
Ini merupakan gol kedelapan Ruben Vargas untuk Timnas Swiss dan pertama baginya di kompetisi Euro.
 
Italia nyaris mencetak gol pada menit ke-51. Fabian Schar hampir mencetak gol bunuh diri saat sundulannya untuk membuang bola justru mengarah ke gawang Yann Sommer. Namun, bola masih mengenai mistar gawang.
 
Azzurri kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-74, tetapi sundulan Scamacca masih membentur mistar gawang Swiss.
 
Swiss yang mengandalkan serangan balik setelah memimpin dua gol kembali mendapat peluang pada menit 82, tetapi tendangan Steven Zuber masih melenceng tipis dari gawang Italia.
 
Swiss mencoba untuk mempertahankan keunggulan dengan menguasai bola lebih lama di sisa waktu pertandingan.
 
Swiss sukses meraih kemenangan atas Italia dan berhak mengamankan tempat di babak perempat final Euro 2024.
 
Susunan pemain
 
Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Michel Aebischer (Renato Steffen 90+2'), Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder (Leonidas Stergiou 71'), Ruben Vargas (Steven Zuber 71'), Dan Ndoye (Vincent Sierro 77'), Breel Embolo (Kwadwo Duah 77')
 
 
Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Matteo Darmian (Andrea Cambiaso 75'), Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella (Mateo Retegui 64'), Nicolo Fagioli (Davide Frattesi 86'), Bryan Cristante (Lorenzo Pellegrini 75'), Stephan El Shaarawy, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024