Penemuan tersebut terungkap setelah pihak kepolisian menangkap seorang pelaku yang telah dilakukan pengejaran dan ditangkap di Kota Batam pada Selasa 25 Juni 2024
Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa hukum dalam sepekan dari Senin (24/6) hingga Sabtu (29/6), menjadi sorotan di antaranya Polri melakukan mutasi terhadap ratusan perwira menengah dan tinggi, hingga Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) selaku terdakwa kasus tindak pidana korupsi mengakui memberi uang sebesar Rp1,3 miliar ke Eks Ketua KPK Firli Bahuri.
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum sepekan yang menarik untuk kembali dibaca:
 
Polri mutasi 29 pati dan 443 pamen
 
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menerbitkan empat surat telegram tertanggal 26 Juni 2024 terkait mutasi terhadap 745 personel, di antaranya 29 perwira tinggi (pati) dan 443 perwira menengah (pamen).
 
Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta Rabu mengatakan, mutasi di lingkup Polri ini dalam rangka promosi, pensiun, penugasan khusus, dan lainnya.
 
"Ada dua pejabat utama Polri yang mendapat promosi dan dua kapolda," kata Dedi.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Polisi Palembang temukan orang hilang dicor di toko pakaian
 
Aparat Polrestabes Palembang Sumatera Selatan menemukan orang hilang dan ditemukan di dalam coran semen di sebuah toko pakaian di Jalan KH Dahlan Blok D2 No. 1-2 Maskarebet.
 
"Sebelumnya adanya laporan seorang pegawai koperasi di Kota Palembang yang hilang, hari ini kami temukan di dalam coran semen," kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono saat dikonfirmasi di Palembang, Rabu.
 
Ia menyebutkan, penemuan tersebut terungkap setelah pihak kepolisian menangkap seorang pelaku yang telah dilakukan pengejaran dan ditangkap di Kota Batam pada Selasa 25 Juni 2024.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Polisi selidiki penyebab pria gantung diri di Flyover Cimindi Bandung
 
Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Jawa Barat menyelidiki penyebab seorang seorang pria tanpa identitas yang ditemukan gantung diri di jalan layang (flyover) Cimindi, Kota Bandung Jawa Barat pada Jumat dini hari.
 
Perwira Pengawas (Pawas) Polsek Andir Iptu Ano Somarno mengatakan, petugas yang menerima informasi dari masyarakat langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan proses identifikasi.
 
"Saya menerima informasi masyarakat dari pagi langsung meluncur ke TKP, ada orang diduga gantung diri," kata Ano di Bandung, Jumat.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Polisi tangkap ketua panitia konser musik Tangerang Lentera Festival
 
Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Tangerang berhasil meringkus ketua panitia penyelenggara konser musik Tangerang Lentera Festival, berinisial MDN (27), pada Rabu.
 
Kasatreskrim Polresta Tangerang, Kompol Arief N Yusuf di Tangerang mengatakan, terduga pelaku ditangkap karena menjadi dalang di balik kericuhan dan pembakaran fasilitas konser musik.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
SYL akui beri uang Rp1,3 miliar kepada Firli Bahuri

Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku telah memberikan uang kepada mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri senilai total Rp1,3 miliar.
 
Kendati demikian, dirinya menyebutkan pemberian uang itu tidak terkait dengan pengurusan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) lantaran sudah tidak ada permasalahan, setelah SYL melakukan pengecekan kepada para anak buahnya, antara lain ke Inspektur Jenderal maupun Direktur Jenderal.
 
"Tidak disebut apa-apa. Tetapi saya merasa bahwa kenapa saya dipanggil terus-menerus ini dan yang proaktif mengirim WhatsApp ke saya adalah Pak Firli," kata SYL saat menjadi saksi mahkota (saksi sekaligus terdakwa) dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024