Medan (ANTARA) - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Victor Togi Rumahorbo, SH, MH, mengucapkan terima kasih kepada Mahkamah Agung (MA) RI karena dinyatakan lulus dalam seleksi calon Hakim Tinggi Pengawas.

"Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pimpinan MA yang selalu mempercayakan saya terus menapak karir, sebagai Hakim Tinggi Bawas (Badan Pengawasan)," kata Victor melalui telepon seluler kepada ANTARA di Medan, Sabtu.

Selain menjadi Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas MA, Victor juga dipromosikan Mahkamah Agung sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Palembang, Sumatera Selatan.

Pihaknya menjelaskan, ada empat tempat promosi bagi ketua PN Kelas IA Khusus di seluruh Indonesia, dan salah satunya PT Palembang.

"Ada empat sebenarnya 'job'-nya, yaitu PT Medan, PT Palembang, PT Denpasar, dan PT Makassar. Jadi setiap ketua-ketua PN Kelas IA Khusus, empat itulah tempat promosi," jelasnya.

Victor mengaku dirinya dipercaya menjadi Hakim Tinggi di PT Palembang, dan lulus seleksi Hakim Tinggi Pengawas Bawas MA yang akan dilantik di Palembang dan diperbantukan di MA.

Kendati demikian, pihaknya belum dapat menginformasikan terkait kapan jadwal pelantikan tersebut karena dirinya belum menerima surat keputusan (SK) dari MA.

"Ini SK belum kami terima dan kami juga belum serah terima jabatan dengan Pak Jon Sarman Saragih yang saat ini masih menjabat Ketua PN Bandung, sehingga belum bisa kami sampaikan (jadwal pelantikan, red)," katanya.

Victor yang telah memimpin PN Medan selama hampir dua tahun berharap segala hal-hal positif yang telah dibangun di PN Medan bisa dilanjutkan ke depannya.

Mahkamah Agung RI Badan Pengawasan mengeluarkan pengumuman Nomor: 714/BP/PENG.HM.00/IV/2024 tentang daftar nama peserta seleksi dinyatakan lulus sebagai calon Hakim Tinggi Pengawas.

Ada delapan nama yang dinyatakan lulus seleksi disusun berdasarkan abjad yang ditandatangani Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Sugianto, di Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Yakni Ketua PN Klaten Aminuddin, Ketua Pengadilan Agama (PA) Ciamis Arif Mukhsinin, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Serang Kusman, Ketua PA Jakarta Utara Muhammad Fauzi Ardi.

Kemudian, Ketua PN Sragen Mujiono, Hakim Tinggi Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Kol Laut (H) Riza Fadilah, Ketua PN Kupang Supriyatna Rahmat, dan Ketua PN Medan Victor Togi Rumahorbo.

"Jadi harapan saya untuk pengganti saya, kiranya apa kekurangan kami bisa ditutupi dan dilengkapi. Apa yang telah diletakkan dasar pembangunan di PN Medan ini, bisa dilanjutkan," tutur Victor.


 
 
 
 
 
.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024