Timika (ANTARA) - Komando Operasi (Koops) TNI Habema melakukan patroli rutin dan membagikan bibit sayuran gratis bagi masyarakat Distrik Gome Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto dalam keterangan di Timika, Sabtu, mengatakan bahwa Satuan tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 323/Buaya Putih Kostrad melakukan kegiatan teritorial di Kampung Wako, Distrik Gome.

"Ketika prajurit melakukan patroli di Kampung Wako, ada masyarakat yang sedang bercocok tanam kemudian dibagikan bibit sayuran untuk dapat ditanam pada lahan kebun masyarakat," katanya.

Menurut Lucky, Satgas Yonif 323 Kostrad dari Pos Kodim Persiapan melaksanakan tugas di Kampung Wako dan dipimpin oleh Komandan Pos Lettu Inf Anggun.

"Patroli dan komunikasi sosial ini tetap mengutamakan keamanan antara kedua belah pihak, masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran para prajurit," ujarnya.

Dia menjelaskan inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad membantu bibit sayuran bagi petani di Kampung Wako, Distrik Gome merupakan wujud peran aktif TNI dalam mendukung percepatan pembangunan Papua.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari implementasi dari percepatan proses pembangunan Papua yang selaras dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia," katanya lagi.

Petani  Petrus Wakerkwa menambahkan bahwa dirinya bersama masyarakat lainnya sedang membuka lahan baru untuk ditanami sayur-sayuran.

"Terima kasih Komandan dan prajurit yang sudah membantu kami mencangkul lahan kebun kami, dan memberikan bantuan bibit sayuran," katanya.
Baca juga: Koops TNI Habema berbagi bahan pokok ke masyarakat Nduga
Baca juga: Koops TNI Habema bercocok tanam bersama masyarakat Puncak
Baca juga: Koops TNI Habema gelar Minggu Kasih bersama masyarakat Papua di Timika

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024