Sehingga keberadaan Halal Center ini sangat penting hadir di UNG, yang nanti akan membantu Pemerintah Daerah, juga termasuk masyarakat yang ada di luar kampus
Kota Gorontalo (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengukuhkan Halal Center pada kegiatan Pekan Ekonomi Syariah (Pesona) Gorontalo tahun 2024 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Wakil Rektor Universitas Negeri Gorontalo Mohammad Hidayat Koniyo mengatakan, halal bukan hanya menyangkut sumber makanan namun juga dari sisi pengolahan.

"Sehingga keberadaan Halal Center ini sangat penting hadir di UNG, yang nanti akan membantu Pemerintah Daerah, juga termasuk masyarakat yang ada di luar kampus," ucap dia.

Mohammad Hidayat Koniyo menjelaskan, sebelumnya UNG memiliki Halal Center di masjid kampus yang bermitra dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Di situ ada sudutnya yang selama ini sudah membantu pemerintah dalam hal label halal," kata dia.

Mengenai Pekan Ekonomi Syariah Gorontalo, Mohammad mengatakan ekonomi syariah tidak sekadar sebagai tren, tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam aktivitas kegiatan perekonomian.

"Saya lihat ada job fair, kemudian ada pangan murah, kemudian kegiatan-kegiatan lain yang tentu saja ini akan memberikan nilai bobot bagi kami Universitas Negeri Gorontalo," ucap dia.

Pemerintah Provinsi Gorontalo, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Bank Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, Halal Center Universitas Muhammadiyah Gorontalo, serta Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren Provinsi Gorontalo menggelar Pekan Ekonomi Syariah tahun 2024 di Universitas Negeri Kota Gorontalo.

Berbagai kegiatan digelar pada Pesona Gorontalo 2024, seperti literasi dan edukasi ekonomi syariah, sertifikasi produk halal, pameran produk UMKM, dan berbagai hiburan rakyat.

Baca juga: Gorontalo menggelar Pesona 2024 kembangkan ekonomi syariah
Baca juga: Wapres sebut KDEKS penting dalam pengembangan ekosistem ekonomi

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024